Facebook Ilmuwebsite

Ingin Memperkecil Ukuran File Photoshop ? Lakukan 5 Hal Ini

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi aplikasi desain memang membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi dan rata-rata aplikasi desain memang berat untuk dijalankan diatas hardware yang bukan spesifikasinya. 

Dan satu hal lagi yang mungkin banyak dialami oleh para desainer adalah ukuran dari file yang besar. Terutama file dengan extensi *.psd, aplikasi pengolah bitmap yang satu ini memang menghasilkan ukuran file yang cukup besar.

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memperkecil ukuran file photoshop. Berikut ulasannya :

1. Buang Elemen Yang Tidak Penting

Kadangkala ketika kita mendesain sesuai akan ada saja layer-layer yang sebenarnya tak dibutuhkan lagi. Entah itu bekas uji coba kita atau bekas hal yang lainnya. Lebih baik buang layer yang memang sudah tidak digunakan lagi.

2. Layer Yang Terlalu Besar, Potong Aja

Komposisi yang kita gunakan dalam mendesain tidaklah selalu tepat ukuran, terkadang terlalu besar sehinga kita harus membiarkan bagian dari layer yang tak terpakai tersebut keluar dari area desain kita, potong saja bagian yang tidak terpakai untuk memperkecil file *.psd kita nantinya

3. Gunakan Layer Merge

Ketika mendesain kita biasanya akan berkeja dengan belasan bahkan ratusan layer untuk membuat elemen tertentu di dalam desain kita. Gabungkanlah semua layer kita jika memang pekerjaan kita telah benar-benar selesai. Hal ini akan meminimalkan ukuran file kita nantinya.

4. Rasterize Smart Object

Hal ini akan juga akan meminimalisir ukuran file photoshop anda. Untuk melakukannya sangatlah mudah. Cukup anda klik menu Layer-Rasterize-Smart Object.

5. Manage Efek Dengan Baik

Efek yang diatur dengan rapi juga akan berpengaruh terhadap ukuran file yang akan dihasilkan nantinya. Selain itu dengan merapikan efek yang kita gunakan kinerja photoshop kita juga akan lebih maksimal.

Dengan melakukan trik diatas file yang akan anda hasilkan akan lebih kecil ukurannya, sehingga akan lebih menghemat memori dan memaksimalkan kinerja photoshop anda.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana
Ilmuwebsite.com



Posting Komentar

1 Komentar