Tutorial Autocad: Cara membuat Dynamic Block


Selamat datang kembali di tutorial Autocad yang kesekian kalinya. Mohon maaf, 2 minggu sebelumnya absen dalam berbagi ilmu seputar AutoCAD,  karena begitu banyaknya halangan dan rintangan membentang namun tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran.

Baiklah pada tutorial kali ini kita coba bahas bagaimana caranya membuat Dynamic Block menggunakan Autcad 2012.

Fasilitas dynamic block ini sudah ada dari versi autocad 2006 sampai dengan versi terbaru saat ini. Dynamic blok merupakan bentuk lanjutan dari block yang dapat dirubah sesuai kebutuhan. Tanpa perlu mengexplode dan memodifikasi komponen objek. Karena Blok seperti ini bersipat dinamis.

Dengan block dinamis, kita bisa memasukan satu block yang bisa berubah bentuk, ukuran atau konfigurasi. Namun di tutorial kali ini. Kita tidak merubah ukurannya dulu. Yang dirubah hanya bentuk dan posisinya.

Mari kita mulai…

Dalam menggambar denah rumah ataupun gedung  yang sering dijadikan block salah satunya adalah pintu. Nah maka dari itu kita coba membuat block pintu. 

Step 1

seperti biasa, sebelum memulai pekerjaan silahkan atur satuan ukuran ke dalam Millimeter dan Buatlah pintu dengan menggunakan perintah Polyline dan Arch sepert dibawah. 


Step 2

Gambar denah pintu sudah selesai, berikutnya silahkan jadikan block. dengan mengetikan B pada commandline. beri nama PINTU. Jika masih bingung dengan cara menjadikan block. silahkan simak tutorial sebelumnya. tepatnya berada di step 4 Disini

Step 3

Setelah block sudah jadi. Selanjutnya kita insert block.  Dengan mengetikan INSERT pada commandline <Enter> Pilih PINTU Lalu klik OK. 


Gambar pintu sudah jadi, dan sudah berada di area kerja.

Step 4

Untuk menampilkan block editor. klik 2x objek pintu. maka muncul tampilan edit block definition. pilih PINTU lalu ok.


Block editor aktif seperti ini. Pilih Tab Parameters


Klik Flip yang dilingkari warna merah. Lalu klik di titik 1, 2 dan 3


Geser tanda panah warna biru pada gambar dengan cara.
Klik tanda panahnya yang berwarna biru. Klik lalu geser ke arah kanan sesuai arah panah berwarna merah dan ketikan 375. Maka hasilnya tanda panah akan berada ditengah-tengah. 


Jika berhasil. Jadinya seperti dibawah.


Selanjutnya buat untuk bagian Vertikal. caranya sama. hanya arahnya ke atas.


Geser garis ke arah kanan dan beri jarak 375. Kali ini yang di geser garisnya ya. bukan hanya tanda panah yang berwarna biru.
Jadi seperti gambar dibwah 


Step 5

Pilih tab menu Action lalu klik Flip


Klik Flip dan kursor berubah menjadi segi empat. pada commandline muncul perintah. Select Parameters.  Klik tanda panah Horizontal yang menunjuk ke arah kiri. lalu muncul lagi perintah Selecet Objeck. lakukan seperti pada gambar.


Lakukan cara yang sama untuk tanda panah warna biru Vertikal yang menunjuk ke atas. 
Jika sudah untuk menyimpan block ketikan BSAVE pada commandline. 

Untuk mencobanya. silahkan Insert block kembali. jika berhasil jadinya seperti ini.


Silahkan klik tanda panah Vertikal ataupun Horizontal untuk lebih memahami. 
dengan membuat block seperti ini, jauh lebih mempercepat dan mempermudah dalam mengerjakan gambar.

Semoga bermanfaat.  

Suhendar Daenuri



Terbatas! hanya sampai 30 September 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

suhendar daenuri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==