Tutorial After Effects : Cara Mudah Membuat Effect Kinetic Typography



Salam. Kembali lagi bersama saya, Aulia Nur Hasan disini :D. Kali ini saya akan memposting tutorial bagaimana cara membuat Kinetic Typography Sederhana di After Effect. Para pembaca setia Ilmu Website sudah pernah mendengar istilah Kinetic Typography sebelumnya bukan? Bagi yang belum pernah mendengar istilah ini, saya beri penjelasan singkatnya saja ya.

Kinetic Typography sendiri merupakan teknik animasi gerak dengan susunan huruf/teks sebagai elemen utamanya. Dipadukan dengan berbagai macam animasi serta efek pendukung yang lainnya. Animasi ini memang sengaja di desain sedemikian rupa sebagai media penyampaian pesan secara audio visual.

Sebenarnya, Kinetic Typography itu sendiri di bedakan lagi berdasarkan pola gerak dan perubahan bentuknya. Namun tidak akan saya bahas dalam postingan ini, takut para pembaca puyeng duluan sebelum mencoba tutorial dari saya ini :D. Peace brooh! Hahaha..

Oh iyaa, sebelum kamu menyimak tutorial ini, sebaiknya kamu baca dulu artikel saya yang ini ya. Karena di tutorial ini saya menggunakan script tambahan, yaitu script Ease and Wizz. Kamu bisa dapetinnya di internet secara gratis!

Baiklah, cekidot langsung ke TKP yak:

1. Buatlah sebuah komposisi dengan settingan berikut ini:
 
2. Buatlah sebuah solid baru dengan warna #ECECEC. Layer > New > Solid.


3. Kita mulai dengan menuliskan sebuah kata “HELLO” dengan Type Tool. Disini saya menggunakan font dari Helvetica. Lalu beri warna #36353A. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan 3D Mode.


4.  Kita mulai menganimasikannya. Berikanlah keyframe dengan masing-masing nilai sebagai berikut:



Setelah itu blok seluruh keyframe, kemudian pada panel Ease and Wizz, atur settingannya lalu tekan ‘Apply’.  Lihat gambar di bawah ini:



5. Kemudian duplikat layer “Hello” tadi dengan cara Ctrl + D. Rubah  teksnya menjadi “GUYS!”. Lalu geser posisi layer pada timelinenya hingga seperti ini:


6. Kemudian tuliskan lagi “I’M HERE FOR YOU!”. Lalu susun teks tersebut hingga menjadi seperti ini:

 
7. Berikan keyframe pada tiap layer teks “I’M HERE FOR YOU” tadi dengan nilai sebagai berikut:


8. Blok seluruh keyframe yang ada pada tiap-tiap layer ‘I’M HERE FOR YOU!” tadi lalu setting juga pengaturan Ease and Wizz-nya menjadi seperti ini kemudian ‘Apply’.


9. Setelah itu berikan keyframe lagi dengan nilai yang tertera di gambar berikut ini:


 Jangan lupa juga untuk mengatur settingan Ease and Wizz nya seperti pada step 8.

10. Tuliskan lagi ‘A QUICK TUTORIAL’. Atur hingga seperti di gambar. Lalu berikan keyframe seperti gambar dibawah ini:



 Atur settingan Ease and Wizz-nya seperti pada step 4.

11. Kemudian untuk out of animation-nya, berikan keyframe lagi dengan nilai seperti gambar dibawah ini:


12. Setelah itu, tuliskan lagi ‘OF KINETIC’. Berikan keyframe seperti ini:


Untuk step 11 & 12 ini, settingan Ease and Wizz-nya masih sama pada step ke 10.

13. Step terakhir, tuliskan lagi ‘TYPOGRAPHY’. Kemudian di panel Timeline nya, atur hingga menjadi seperti ini.



Selesai sudah Kinetic Typography sederhana yang barusan kita buat. Untuk finalisasinya, saya percayakan kepada para pembaca semua saja ya! Tiap orang punya imajinasi berbeda-beda tentunya, jadi saya percaya kalo hasilnya sudah pasti keren. Sekeren orang yang buatnya yang pasti, bener kan broo?! Hahaha :D

Sekian dulu ya artikel dari saya, semoga masih ada kesempatan bertemu di artikel saya yang selanjutnya :D Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian :)

Oh iyaa kalo kalian punya pertanyaan seputar masalah artikel yang saya buat ini, atau diantara kalian masih ada yang kebingungan, gunakan kolom komentar dengan bijak yaa guys!

Salam Semangat buat para Pembaca semua! :D

Wassalamualaikum..

Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Aulia Nur Hasan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. bang,boleh minta emailnya. buat tanya2 seputar after effect,rencana saya mau buat film mini,insyaallah. email saya rihamu0@gmail.com

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==