Tutorial After Effect: Cara Installasi Plugin, Presets & Script Tambahan

Salam. Kembali lagi di tutorial After Effect, pada kanal desain.ilmuwebsite.com. Kali ini saya akan membahas tentang Cara Menginstall Plugin, Presets dan Script di After Effects.

Terlihat simple memang hal ini, namun jika kalian tidak mengetahui langkah-langkah penginstallan ini, tentu di kemudian hari nanti kalian akan kesulitan jika mendapati sebuah proyek kalian di After Effects ini membutuhkan effect-effect tambahan seperti plugin, preset dan script yang harus kalian dapatkan di internet kemudian menginstallnya di dalam perangkat komputer Anda.

Tentu saja Anda harus mengetahui hal ini sebagai langkah dasar dalam mempelajari After Effects. Baiklah, tak usah berlama-lama kali penjelasan dari saya. Silahkan disimak baik-baik step-stepnya :

1. Sebagai contoh, saya disini akan menginstall Real Camera Shake (Presets). Seperti yang kalian lihat gambar dibawah ini:



2. Kemudian selanjutnya Anda Copy ke C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects CS6 (sesuai versi yang pembaca pakai)\Support Files\Presets. Lihat gambar dibawah ini:

 NB : Saya membuatnya menjadi dalam satu folder supaya lebih terlihat rapih saja. Anda bisa mengcopy nya di luar folder langsung.


3. Untuk mengecek Plugin dan Presets yang sudah di install sebelumnya, kalian bisa mencarinya di Effects & Presets panel. Lihat gambar dibawah ini:



4. Jika yang pembaca install itu plugin, maka copy filenya ke C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects CS6 (sesuai versi yang pembaca pakai)\Support Files\Plugin.

5. Satu lagi, saya disini juga akan menginstall Ease and Wizz (Script). Namun sebelum menginstall script ini, pastikan dulu beberapa hal dibawah ini:

  • Buka After Effects, kemudian  ke Edit > Preferences.
  • Centang kotak bagian “Allow Scripts to Write Files and Access Network”.
  • Kemudian “OK.”





6. Copy seluruh isi folder tersebut. Lihat gambar di bawah ini:



7. Kemudian paste ke C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects CS6 (sesuai versi yang pembaca pakai)\Support Files\Scripts\ScriptUI Panels.

Buatlah folder baru, beri nama “ScriptUI Panels” jika di antara pembaca tidak mendapati folder tersebut pada folder registry After Effects.

8. Relaunch (tutup kemudian buka lagi) After Effect-nya. Untuk mengeceknya, kalian ke Window > Ease and Wizz.

 

Sekian dulu artikel dari saya ya. Kita ketemu lagi di artikel selanjutnya bro! :D .. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua :)

Jika ada pertanyaan mengenai masalah seputar artikel ini, gunakan kolom komentar dengan bijak ya guys..

Wassalamualaikum..

Aulia Nur Hasan


Terbatas hanya sampai 17 Februari 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android. Hanya Rp 139.000 (bonus 2 Tutorial - Total 5 DVD, 20GB). Info lengkap klik disini

Video Tutorial Paket Lengkap Mahir Web Dev dan Mahir Membuat Aplikasi Android ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development + pembuatan aplikasi Android yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer + mobile app developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, AngularJS, Cordova, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Aulia Nur Hasan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

15 komentar:

  1. terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali,

    BalasHapus
  2. terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali,

    BalasHapus
  3. Kalau Adobe AE CC 2014 bisa nggak?

    BalasHapus
  4. mas kalo download presets dan effect Ae terlengkap dimana ya? maaf maklum masih newbie :v

    BalasHapus
  5. mas kalo download presets dan effect Ae terlengkap dimana ya? maaf maklum masih newbie :v

    BalasHapus
  6. kalau untuk yang portable gmn caranya mas??
    trimakasih...

    BalasHapus
  7. kalo donwload effect gimana cara nya ???

    BalasHapus
  8. Gan punya saya kok gak keluar yaa buat trapcode Form

    BalasHapus
  9. terimakasih banyak, sangat amat membantu saya, terimakasih.

    BalasHapus
  10. Sukses, terimakasih banyak telah membantu, sekali lagi terimakasih banyak, suksess selalu

    BalasHapus
  11. dimana saya bisa dapat trapcode preset. mohon infonya.

    BalasHapus
  12. gan, adobe after effect saya kok windows has stopped pas mau ngedit camera view nya. Ae saya versi cc 2015.2. mohon pencerahanya. NB : Spec saya udah memenuhi syarat gan.

    BalasHapus
  13. Effect> WOndertouch... Gan di AE CS 4 Punya saya tidak ada menu wondertouch nya. Saya udh download particle illusion.. Mohon Responnya gan

    BalasHapus
  14. Mas.sya baru plugins di toko online dalam bentuk dvd..tp sya bingung instalnya..tolong dong arah in saya untuk instalnya.

    BalasHapus