Facebook Ilmuwebsite

Mau Tau Cara Desainer Grafis Tingkat Dewa Bekerja ? Begini Prosesnya!

Halo...haloo... gimana kabarnya ? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, Aamiin. Tolong diamini ya...

Segala sesuatu yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat beraneka ragam, baik itu dari bentuk fisik maupun fungsinya, berbeda-beda pula mata memandangnya, ada yang melihat fungsinya saja, banyak pula yang juga memperhatikan desainnya. 

Segala sesuatu dibuat demikian rupa dan warna tidak lain tidak bukan adalah untuk menarik orang yang akan menggunakannya.

Coba Anda bayangkan kalau kursi yang anda duduki saat ini hanya ada fungsinya saja ? mungkin tempat belajar, ruang tamu, ruang makan anda tidak sebagus seperti sekarang ini, maka dari itu bermunculan berbagai macam desain yang menarik, kita ambil contoh kursi saja, berapa jenis kursi yang anda temui ? beraneka ragam warnanya, bentuknya, texture nya dan lain sebagaiya. 

Semua itu karena si kursi tersebut telah melewati tahapan desain. Sama seperti kursi, benda lain pun kalau hanya mengindahan fungsinya saja tentu tidak akan ada nilai estetikanya. 

Bagaimana seharusnya proses mendesain yang baik itu? Bagaimana sebenarnya seorang ahli desain grafis melakukan proses desain ? Dari mana memulai ? Adakah persiapan khusus ? Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai prosesnya seorang ahli desain dalam bekerja.

Secara garis besar, prosesnya itu ada 6 tahap, berikut tahapannya :

1. Mengumpulkan Informasi

Informasi dibutuhkan sebelum anda memulai membuat desain apapun. agar desain anda tepat sasaran dan dapat memuaskan client, ada beberapa hal yang mungkin harus anda perhatikan dalam mengumpulkan materi untuk desain anda seperti apa yang dibutuhkan client ? Target pasarnya seperti apa  ? Medianya bagaimana ? Adakah pesan dibalik desain yang ingin dibuat ? Adakah deadline ? adakah referensi desain dari mereka ? kesemuanya harus anda perhatikan agar semuanya berjalan lancar, ingat pengumpulan informasi ini merupakan tahapan awal sebelum proses selanjutnya dilanjutkan.

Hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah target audience, baik itu dari segi geografi (Usia, Pendidikan, Jenis Kelamin, Suku, Agama dan lain-lain. Nah dengan memperhatikan hal tersebut anda akan bisa terhindar dari kesalahan.

2. Membuat Work Flow

Kalau Anda pernah mendengar yang namanya flowchart di dalam pengembangan aplikasi, nah saat mendesain pun anda perlu yang namanya kerangka kerja agar semua terselesaikan tepat pada waktunya (jadi ngga ngaret gitu ,, hehe)

3. Mencari Ide

Dari proses sebelumnya, inilah yang sebenarnya menjadi proses inti yakni  ide atau konsep. Jika dilakukan, dua tahapan diatas akan sangat membantu anda dalam mencari ide. Beberapa hal yang bisa anda lakukan saat mencari ide diantaranya berwisata, menggambar, membaca buku, bertukan fikiran dan lain sebagainya yang menurut anda bisa mengembalikan mood anda.

4. Olah Data

Proses pengolahan data merupakan tugas inti dari seorang graphic desainer. pada tahapan ini seluruh materi desain yang telah dikumpulkan sebelumnya akan digabungkan sehingga bisa menjadi satu kesatuan desain yang menarik dan informatif.

5. Visualisasi

Di dalam tahapan visualisasi ini anda akan berhubungan dengan warna, layout, di dalam tahapan ini pula biasanya anda akan membuat alternatif desain seperti warna yang berbeda, grafis yang berbeda untuk diajukan kepada boss atau klien anda, jadi kalau ada kesalahan bisa langsung direvisi (sambil dimarahin juga sama bossnya hehe resiko itu mah ).

6. Produksi

Nah setelah semua proses anda lewati, saatnya Anda memproduksi hasil desain anda sesuai dengan kebutuhan, proses nomor 5 diatas adalah untuk memastikan kalau tidak ada kesalahan saat proses produksi dilakukan.

Nah kalau sudah tau alurnya saya harap Anda bisa lebih perdalam lagi bidang desain grafis secara teknis. Teknik yang menghasilkan efisiensi. Kita akan bahas di kanal desain grafis ilmuwebsite. Demikan dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana

Posting Komentar

0 Komentar