Ini Dia Komponen Desain Grafis Yang Perlu Anda Ketahui!


Hello hello, pada kesempatan yang berbahagia dan penuh berkah ini (semoga) saya berharap semoga teman-teman masih memiliki semangat belajar yang tinggi dan mendapatkan manfaat dari ilmu yang dipelajari, Aamiin.

Setelah kemarin mengupas proses dalam desain pada artikel  Mau Tau Cara Desainer Grafis Tingkat Dewa Bekerja ? Begini Prosesnya! . Kali ini saya akan membahas mengenai komponen desain grafis, bagaimana sebenarnya sebuah desain itu bisa dikatakan bagus Insya Allah akan dibahas secara tajam pada artikel ini.

Kodratnya, bagus adalah relatif, artinya tiap-tiap orang memiliki definisi dan selera masing masing yang tentunya juga berbeda-beda untuk mengatakan sesuatu yang dilihat itu bagus.

Manusia, menilai manusia lainnya mungkin bisa dilihat melalui faktor fisik ataupun nonfisik. Faktor fisik maksudnya mungkin Anda menilai seorang manusia tersebut dari rambutnya, pakaiannya yang rapi, warna kulit, bentuk tubuh, mata dan lain sebagainya. Adapun Anda bisa menilai seorang manusia dari faktor nonfisik yah seperti kelakukannya, bagaimana dia berbicara, bertingkah laku dan lain sebagainya.

Seperti halnya manusia, desain grafis juga memiliki beberapa faktor untuk dikatakan bagus dari fisik misalnya pemilihan warna yang tepat, ilustrasi yang bagus, tata letaknya, atau dengan melihat bagian non fisiknya seperti mungkin pesan moral dari desain tersebut, target yang sesuai dan lain sebagainya.

Sebelum membuat desain ada baiknya Anda mengetahui secara pasti apa saja komponen-komponen desain grafis yang biasanya digunakan agar anda dapat membuat desain yang menarik dan bisa menyampaikan pesan yang anda inginkan melalui pesan tersebut. Adapun komponen desain grafis tersebut adalah :

  1. Line / Garis
  2. Shape / Bentuk
  3. Color / Warna
  4. Ilustration /  Gambar
  5. Text / Tipografi
  6. Space / Ruang


Lumayan banyak yah ? pertanyaannya apakah semua komponen tersebut harus dimasukan dalam desain kita ? jawabannya adalah tidak semua, anda bisa memilih mana saja yang sekiranya desain anda butuhkan dari komponen komponen tersebut. Seperti halnya abang abang penjual baso, dari sekian banyak bumbu, dia memilih bumbu-bumbu yang tepat dan meraciknya sedemikian rupa sehingga bisa dhidangkan semangkok baso yang enak untuk dinikmati, apa yang terjadi jika abang baso memasukan semua bumbu kedalam baksonya ? aneh, mungkin itu rasanya nanti. Begitupun desain anda, anda harus pintar memilih komponen apa saja yang tepat untuk dimasukan kedalam desain anda, sehingga nantinya desain anda terlihat pas dan enak untuk dinikmati.

Tentunya, sebelum memasukan bumbu k edalam bakso, abang bakso sudah tau betul harus diapakan bumbu-bumbu tersebut, ada yang dipotong, dihaluskan dan lain sebagainya. Nah di dalam desain grafis komponen yang ada akan lebih baik jika diolah terlebih dahulu seperti diberi efek, untuk kemudian digabungkan menjadi satu dengan menggunakan prinsip desain yang ada yakni balance / keseimbangan, Sequence / Irama, Emphasis / Penekanan dan Unity / kesatuan.
Jadi dengan menggunakan komponen yang tepat pada desain Anda, Anda bisa membuat desain yang lebih menarik untuk dipandangi dan tentunya pesan yang ingin anda sampaikan pun bisa lebih mudah dicerna dan dan tersampaikan kepada targetnya.

Lebih dalamnya mengenai komponen desain grafis akan dibahas bertahap pada artikel selanjutnya.  Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana
Ilmuwebsite.com
Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==