Informasi Lebih Dalam Mengenai Resolusi Gambar Yang Harus Anda Ketahui!


Hello hello .. pada kesempatan yang sangat berbahagia ini saya ingin mengajak Anda sekalian untuk mengenal jauh lebih dalam lagi mengenai resolusi dalam sebuah gambar.

Entah di percetakan, di internet atau dimanapun itu pasti anda pernah mendengar yang namanya resolusi gambar?

Nah kali ini Insya Allah semuanya yang berhubungan dengan resolusi pada sebuah gambar akan kita kupas tuntas. Apa itu resolusi ? Bagaimana cara mengetahui nilainya ? Tips mendapat gambar yang baik, Check this out.,

Apa Itu Resolusi ?

Yah, dimulai dengan sebuah pertanyaan, apa itu resolusi ? Penting untuk mengenali arti dari sebuah kata, sebelum kita lebih jauh, saya akan mencoba memberi gambaran kepada anda apa itu resolusi. Resolusi merupakan tingkat kepadatan pixel pada sebuah gambar. 

Di dalam dunia percetakan biasanya satuan resolusi disebut DPI yang merupakan kependekan dari Dots Per Inch, semisal ada resolusi 300 DPI berarti dalam setiap Inch gambar tersebut terdapat 300 Pixels.

Semakin pada jumlah pixels per inch nya maka akan semakin bagus pula kualitas sebuah gambar saat dilihat previewnya melalui perangkat digital maupun hasil saat dicetak.Biasanya di dalam dunia percetakan ataupun digital printing, resolusi yang digunakan adalah berkisar dari 120 sampai 300 DPI tergantung kebutuhannya.




Mengetahui Nilai DPI Pada Gambar

Merupakan hal yang cukup penting untuk kita tau nilai DPI dari sebuah gambar yang akan kita gunakan untuk membuat desain ataupun kebutuhan yang lainnya. Pemilihan gambar dengan resolusi yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap hasil desain anda nantinya. Ada beberapa cara untuk mengetahui nilai DPI pada sebuah gambar, sebagai contoh disini saya akan menunjukan bagaimana cara melihat nilai DPI pada sebuah gambar dengan menggunakan CorelDRAW.

Silahkan buka CorelDRAW anda dan import sebuah gambar. Setelah itu silahkan anda seleksi gambar tersebut denga menggunakan Pick Tools. Nantinya pada bagian bawah akan muncul informasi mengenai nilai DPI pada gambar tersebut


Begitu caranya melihat Nilai DPI pada sebuah gambar menggunakan CorelDRAW. Anda juga bisa melihat Nilai DPI pada sebuah gambar menggunakan aplikasi lainnya seperti Photoshop ataupun Ilustrator.

Tips Mendapat Gambar Dengan Resolusi Tinggi

Anda bisa mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi dengan sangat mudah, baik itu yang free apalagi yang berbayar. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan gambar dengan resolusi yang baik.
  • Mengambil gambar dengan menggunakan Kamera Digital ataupun DSLR dengan resolusi maximum
  • Mensortir gambar yang anda dapatkan dari pencarian di internet, ketika anda browsing gambar di internet lihatlah dulu informasi gambar misalnya 3680 x 2400
  • Scan gambar dengan resolusi tertinggi

Nah, jadi dalam dunia desain, anda harus benar-benar memperhatikan resolusi gambar yang akan anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang maximal. Meskipun sekarang banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengubah resolusi pada sebuah gambar seperti Photoshop, namun terkadang hasilnya tidak akan maximal karena memang ada beberapa gambar yang memang ditakdirkan untuk tidak bisa ditinggikan resolusinya.

Jadi memilih sumber gambar yang baik merupakan cara yang tepat untuk bisa mendapatkan gambar yang bagus dengan resolusi tinggi. 

Demikian kiranya yang bisa saya kupas mengenai resolusi gambar  dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana
Ilmuwebsite.com

Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==