Membuat Flying Titles Opening Film di After Effects


Salam. Kembali lagi bersama saya disini :D. Setelah sebelumnya kita mempelajari cara membuat animasi text blur sederhana di After Effects, kali ini saya akan menshare kembali tutorial yang temanya tidak jauh dari sebelumnya, masih seputar animasi teks, hanya saja berbeda pada effect yang digunakannya.

Animasi seperti ini sangat cocok sekali sebagai opening film yang begitu menggugah, karena disamping teks, juga penggunaan suara yang tepat.


Nah, tak perlu kita basa-basi lagi, langsung saja kita ke proses pembuatannya yaa. Namun sebelumnya kita lihat video hasil akhir dari tutorial kali ini ya. Silahkan di play


Berikut adalah cara pembuatannya. Disimak baik-baik lhoo..


1. Buatlah sebuah komposisi baru. Setting seperti gambar dibawah ini :



2. Setelah membuat komposisi baru, aktifkan Type tool untuk menuliskan sebuah kata yang akan kita animasikan kali ini. Lalu posisikan tepat di tengah. Kemudian aktifkan mode 3D dari teks tersebut. Lihatlah gambar pada step no. 3.


3. Tekan 'P' serta Shift + T untuk menampilkan Position dan Opacity dari layer teks tersebut. Atur lah settingannya seperti berikut ini :



4. Lalu pada keyframe kedua dan ketiga pada Position, klik kanan lalu pilih Keyframe Interpolation. Pada Spatial Interpolationnya pilih 'Linear'. Ini gunanya untuk memperhalus gerakan animasi. Bisa Pembaca lihat perbedaan antara sebelum dan sesudah di Interpolation-kan.



5. Lalu potong layer teks nya pada Timegraph panel mengikuti urutan keyframe yang berada di paling akhir. Lihat pada gambar dibawah ini.



6. Beri effect Ramp. Effects > Generate > Ramp. Ubah Start Color nya ke (#8E8E8E), dan End Color nya ke (#090909). Atur settingannya juga seperti gambar dibawah ini.



7. Setelah itu berikan Effect Hue/Saturation. Effects > Color Correction > Hue/Saturation. Atur settingannya juga seperti gambar berikut.



8. Berikan lagi Effect Levels. Effects > Color Correction > Levels. Atur settingannya seperti gambar.


9. Berilah effect Drop Shadow pada tiap layer teks. Effects > Perspective > Drop Shadow. Dengan settingan seperti gambar dibawah ini.




10. Kemudian duplicate layer teks tersebut dengan cara Edit > Duplicate atau bisa dengan Ctrl + D. Proses duplicate ini tergantung dari berapa kata yang Anda pakai untuk membuat animasi ini.




11. Setelah duplicate, ubah kata-katanya menjadi yang anda inginkan. Disini saya memakai kata 'NOW AVAILABLE AT ILMUWEBSITE'. Kemudian posisikan tiap layer teks seperti gambar yang ada dibawah ini.





12. Kemudian  aktifkan Motion Blur dari setiap layer teks. Lihatlah gambar yang ada dibawah ini.








13. Buatlah 2 buah layer Solid. Yang pertama dengan warna biru tua (#000E20) dan yang kedua warna hitam (#000000). Posisikan layer Solid tersebut seperti gambar dibawah.



14. Seleksi layer Solid hitam tadi, kemudian aktifkan Ellipse tool atau bisa dengan tekan Q. Kemudian double klik pada icon Ellipse tersebut. Atur settingan maskingnya seperti ini.



15. Kemudian buatlah layer Camera. Layer > New > Camera. Atur Presetsnya menjadi 35 mm.



16. Buat lagi layer Null Object. Layer > New > Null Object.


17. Alt + Klik pada stopwatch Position di layer Null Object tersebut. Kemudian ketikkan 'wiggle(8,20)'. Lihat gambar dibawah ini.


Kenapa harus Wiggle? Ada yang tahu kenapa? Karena arti dari wiggle sendiri ialah gerakan. Lalu angka disampingnya merupakan kode dari pergerakan tersebut. Jadi 8x perubahan gerakan dalam satu detik, dan akan berpindah posisi sebanyak 20 units.


18. Setelah itu pada layer Camera, Pig Wip nya di parent-kan ke layer Null Object. Lihat seperti di gambar. Jika Pig Wip nya tak ada, tekan saja F4.



Fungsi dari Pig Wip ini untuk mereferensikan gerakan pada suatu layer tertentu. Contohnya bisa Pembaca lihat, layer Camera menjadi mengikuti pergerakan dari Null Object yang sudah Anda buat barusan.


19. Untuk memperhias video tersebut, berilah effect backsound nya. Caranya File > Import > File. Kemudian tarik file audio nya dari panel Project ke panel Timeline. Kemudian atur audio tersebut hingga pas dengan posisi layer teks yang sudah anda buat. Contohnya ada gambar dibawah ini.




Nah bagaimana video animasi text hasil buatan Anda barusan? Sudah cukup memuaskan kah menurut Anda seorang? :D

Sampai ketemu saya lagi yaa di artikel yang selanjutnya. Salam semangat buat Pembaca sekalian :D

Aulia Nur Hasan
Terbatas! hanya sampai 30 April 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Aulia Nur Hasan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

6 komentar:

  1. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget, aku juga punya nih Tutorial Desain Grafis Gratis

    BalasHapus
  2. terimakasih bnyk gan tutorialnya bermanfaat bngt,blsn'a dri yg maha kuasa deh ya,, thanks..

    BalasHapus
  3. audionya juga di upload dong min..
    thanks min

    BalasHapus
  4. ilmu yg sangat bermanfaat, thank's gan :)

    BalasHapus
  5. Kurang ngerti yg nomor 3 tolong yang tau dijawab

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==