Berbagai Gambar Bentuk Dasar, Komponen Pokok Dalam Desain Grafis


Salam, setelah kemarin kita membahas komponen desain grafis dalam artikel Ini Dia Komponen Desain Grafis Yang Wajib Anda Ketahui dan telah membahas secara detail mengenai komponen desain grafis yakni garis. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas lebih dalam lagi mengenai komponen di dalam desain grafis lainnya yakni shape. 

Seperti apa saja bentuk shape dan seperti apa saja kita bisa memvariasikan shape (bentuk) kita akan bahas dalam artikel ini.

Bentuk merupakan kata lain dari shape (dalam bahasa inggris). Merupakan sebuah komponen yang tercipta dari beberapa garis yang disusun sedemikian rupa hingga membuat sebuah objek baru dari gabungan beberapa garis tersebut. 

Di dalam desain grafis shape terbagi menjadi dua yakni bentuk dua dimensi dan bentuk tiga dimensi. Sama halnya seperti garis pada pembahasan yang lalu, bentuk atau shape pun memiliki arti dan makna sendiri tergantung sisi mana kita melihatnya, dari segi budayakah ? geografis kah ? masing masing memiliki pandangan dan arti yang berbeda-beda dalam melihat shape ataupun bentuk.

Bentuk Dua Dimensi

Kembali pada dasarnya, shape yang bisa dimodifikasi sedimikian rupa tersebut berawal dari segi tiga sampai segi yang tidak bisa kita untuk menghitungnya seperti lingkaran. Namun dengan kreatifitas yang terus berkembang, bentuk yang awalnya hanya segitiga tersebut bisa dikembangkan menjadi berbagai jenis lagi yang bahkan mungkin kita tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Berikut akan saya contohkan bentuk-bentuk dasar yang bersifat dua dimensi.


Anda bisa mengkombinasikan bentuk bentuk dasar yang telah anda lihat diatas sehingga bisa menghasilkan bentuk yang baru. Anda bisa lebih banyak lagi berkreasi mengenai bentuk dasar ini menggunakan aplikasi grafis seperti CorelDRAW, terlebih jika anda dapat menggunakan teknik shapping, anda akan bisa membuat berbagai jenis kombinasi bentuk baru. Untuk mempelajari teknik shaping di CorelDRAW anda bisa membaca Tutorial Teknik Shaping Di CorelDRAW.

Berikut saya menunjukan beberapa contoh kombinasi sederhana dari bentuk bentuk dasar yang bisa dengan mudah anda buat di CorelDRAW.

Bentuk Tiga Dimensi

Bentuk tiga dimensi merupakan sebuah bentuk yang memiliki volume di dalamnya. Sebuah bentuk bisa dikatakan Tiga Dimensi apabila bentuk tersebut bisa dilihat dari sisi 360 derajat. Anda bisa membuat berbagai macam bentuk tiga dimensi menggunakan aplikasi 3D seperti 3DS Max, Blender, Maya dan lain sebagainya. 

Gambar dibawah ini akan menunjukan kepada anda bagaimana gambar 3D di dalam desain grafis.


Dengan mengetahui berbagai macam bentuk bentuk dasar yang merupakan salah satu komponen dari desain grafis. Anda tentunya akan bisa lebih mengekspresikan desain anda. Anda bisa lebih kreatif dengan mengkombinasikan berbagai macam bentuk ke dalam desain anda. 

Demikian kiranya pembahasan mengenai shape / bentuk yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==