Belajar Adobe InDesign : Membuat Penomoran Halaman


Salam, masih semangat melanjutkan pembahasan mengenai Adobe InDesign? Ayo dilanjutkan. 

Setelah kemarin kita membahas lebih dalam mengenai lembar kerja di Adobe InDesign. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuatu yang penting untuk anda ketahui yakni membuat penomoran halaman. 

Yah dalam dunia cetak mencetak apalagi pencetakan buku, majalah, koran penomoran halaman merupakan hal yang penting untuk dilaukan. Dengan membuat penomoran halaman kita akan lebih mudah untuk mengindeks konten dari buku yang kita baca. 

Bagaimana cara membuatnya di Adobe InDesign ? Check this out..

Dasar Penomoran Halaman

Untuk membuat penomoran halaman dengan menggunakan Adobe InDesign tidaklah sulit, pastikan anda telah menyiapkan dokumen Adobe InDesign dan ikuti langkah sederhana berikut ini.
  • Aktifkan halaman master yang akan disisipi pengaturan nomor halaman
  • Kemudian aktifkan Type Tool, silahan anda buat sebuah frame teks pada posisi halaman yang anda inginkan, misalnya pada bagian pojok kanan bawah halaman 

  • Pastikan posisi frame teks dalam keadaan siap ketik, kemudian anda klik menu Type-> Insert Special Character -> Markers -> Current Page Number


  • Lakukan pengaturan yang sama pada halaman yang lain, dalam spread master yang sama. Dan perhatikan apa yang anda dapatkan.
  • Good Luck

Mengatur Format Penomoran

Dengan mengikuti langkah sebelumnya pastinya anda telah bisa membuat penomoran yang sederhana, nah langkah berikutnya kita akan mengatur format penomoran sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Aktifkan halaman yanbg telah diberi penomoran halaman, misalnya yang akan diaktifkan adalah halaman 1 pada panel Pages.
  • Klik menu Layout -> Numbering & Section Options sehinga nantinya akan muncul sebuah kotak dialog Numbering & Section Options.

  • Pilihlah style penomoran yang anda inginkan, seperti angka, huruf ataupun angka romawi. Anda juga dapat memberikan keterangan pada Section Prefix, misalnya dengan kata Page_. Tandai opsi Include Prefix When Numbering Pages untuk menampikan prefix yang Anda berikan

Section Numbering

Anda dapat memberkan format penomoran yang unik dalam satu dokumen melalui Section Numbering. Pengaturan ini memungkinkan anda untuk member lebih dari satu format penomoran dalam satu dokumen. Untuk dapat membuatnya silahkan anda ikuti langkah –langkah berikut :
  • Dalam kasus ini anda akan membagi dikumen menjadi 2 format penomoran. Format penomoran pertama memiliki halaman dengan angka romawi seperti (i,ii,ii. …) sedangkan format penomran yang lainnya adalah angka biasa seperti (1,2,3,4,…..)
  • Buat lah beberapa buah halaman yang akan diberi pengaturan secton numbering, pada kasus ini kita akan menggunakan 8 buah halaman. Anda bisa mengkik kanan ikon halaman 1 pada panel pages, lalu pilih Numbering & Section Options dan laukan pengaturan seperti pada gambar dibawah ini
  • Selanjutnya beralih kehalaman lain yang akan diberikan format penomoran angka biasa, misalnya dimulai dari halaman 5, klik kanan ikn halaman 5 pada penel pages, pilih opsi Numbering & Section Options dan lakukan pengaturan sendiri pada gambar berikut dan pastikan opsi Start Section ditandai dang anti style menjadi angka [1,2,3,4,5…].
  • Setelah selesai, lihat halaman seperti apa yang anda dapatkan
Sebegitu mudahnya membuat penomoran halaman di  Adobe InDesign, tentunya anda bisa lebih berexperimen dengan nomor halaman karena dalam dunia percetakan biasanya anda akan menemukan permintaan yang sedikit aneh dan nyeleneh, 

Demikian kiranya yang bisa saya bahas mengenai penomoran halaman di dalam Adobe InDesign dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana


Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==