Jenis-jenis Warna Dalam Desain Grafis Yang Harus Anda Ketahui!


Salam, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, amin. 

Setelah kemarin kita bersama-sama membahas tentang ilustrasi, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman teman untuk membahas mengenai warna, yah salah satu komponen yang bisa menggambarkan psikologi yang ingin anda masukan ke dalam desain Anda. Bahkan warna seringkali menjadi penenetu kualitas sebuah desain. 

Desain yang baik akan sangat dinilai dengan pemilihan warna yang tepat. Seperti apa warna didalam desain grafis dan apa saja jenisnya akan kita bahas kali ini, check this out.

Saya tidak akan menjelaskan pengertian warna itu apa karena tentunya Anda sudah sangat faham tentang warna. Dengan warna anda sebagai desiner akan lebih mudah untuk menyampai pesan psikologi di dalam desain Anda, karena memang pada dasarnya setiap warna memiliki makna psikologi yang berbeda-beda. 

Di dalam komputer anda dapat menemukan berbagai macam bahkan banyak sekali warna yang bisa Anda gunakan untuk desain Anda, apa saja jenis warna di komputer, berikut pembahasannya :

RGB 

Merupakan kependekan dari Red Green Blue, merpakan warna-warna yang tercipta dari cahaya yang dihasilkan oleh monitor. Desain dengan warna RGB akan sangat cocok apabila ditampilkan di dalam media digital seperti monitor, web, smartphone dan lain-lain. Warna RGB sangat cerah dan segar serta menyenangkan untuk dilihat.

CMYK

CMYK merupakan kependekan dari Cyan Magenta Yello dan Black. Desain dengan jenis warna CMYK biasanya sangat cocok digunakan untuk yang berhubungan dengan cetak mencetak.  Warna dengan jenis CMYK biasanya akan lebih buram jika dibandingkan dengan RGB, namun saat anda mencetak desain anda, warna inilah yang cocok dengan jenis tinta yang anda gunakan

LAB

LAB merupakan kependekan dari L : Lightness, A : Sumbu Hijau – Merah serta B : Sumbu kuning – biru. Model warna jenis ini cocok digunakan untuk media digital maupun cetak. 


HSL

Merupakan kependekan dari Hue Saturation Lightness, Model warna jenis ini cocok digunakan untuk media digital seperti halnya RGB. Anda akan lebih mudah mengatur tingkat kegelapan dan kecerahan dengan mode warna ini.

HEX

Mode warna yang satu ini biasanya lebih dekat dan sering digunakan oleh seorang web desainer. Dengan kode warna seperti ini warna yang diinginkan bisa lebih cepat didapat, web desainer biasanya juga menggunakan bantuan seperti add ons pada browser untuk dapat mengetahui kode dari warna tertentu. Salah satu tools yang digunakan adalah yang bisa anda lihat reviewnya dalam artikel  ColorZilla : Chrome Extension + Firefox Addon Pengecek Kode Warna Pada Website 


Dengan mengetahui berbagai jenis warna yang sering digunakan dalam desain grafis anda akan lebih mudah memilih jenis warna yang tepat utnuk desian anda sesuai dengan media yang akan digunakan. Demikian dan terimakasih.

Irfan Maulana
Ilmuwebsite.com

Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==