Facebook Ilmuwebsite

Tutorial AutoCAD: Cara Membuat Objek 3D Kursi Kafe

Salam… apa kabar para pecinta tutorial desain grafis ilmuwebsite.com di sela-sela kesibukan yang sebetulnya tidak terlalu sibuk. Tapi kelihatannya kaya yang sibuk, :) maka dari itu saya coba-coba untuk menjadi beneran sibuk. Dengan membuat tutorial ini, untuk Anda sekalian. Hehe...

Baik, tanpa basa basi. kali ini saya buat tutorial bagaimana caranya membuat Kursi kafe sederhana. Dengan memanfaatken perintah extrude Path, sweep dll. pada autocad 2012.

Step 1

Seperti biasa di langkah pertama, kita atur UNITS atau satuan ukuran terlebih dulu. kali ini saya mengguanakn satuan Centimeter.
Buatlah sebuah lingkaran dengan jari-jari  7.5 cm. dengan cara ketikan C pada commandline, tentukan titik pusat lingkaran, ketikan jari-jari lingkaran. 7.5 lalu ENTER. 


Selanjutnya kita buat kerangka kaki kursi dengan membuat bentuk seperti berikut ini.


Jika sudah beres lakukan fillet dengan cara mengetikan F pada commandline, ENTER. Klik kanan Pilih RADIUS, ketikan 3. Klik baris 1 lalu klik baris 2. Dan hasilnya. 


Buat lagi segi empat atau rectangle dengan diameter 1.5 cmm x 2 cm. lalu lakukan fillet dan beri Nilai RADIUS 0.5 

Setelah segi empat sudah jadi. Caranya. Ketikan F pada commandline, ENTER. Klik kanan pilih RADIUS. Masukan 0.5 klik kanan Lagi pilih Polyline lalu klik objek segi empat nya. Maka secara otomatis setiap sudut siku-siku sudah berubah menjadi busur.

hasilnya jadi seperti dibawah ini pemirsa.


 Oke 3 objek sudah kita buat, rubah VIEW  menjadi SW ISOMETRIC.


Step 2

Nah… pada bagian ini kita akan memutar objek, objek yang akan diputar adalah kerangka kaki kursi. Dalam kondisi view SW ISOMETRIC seleksi kerangka kaki kursi. Lalu ketikan 3DROTATE pada commandline. ENTER


Arahkan kursor ke lingkaran yang berwarna merah. Jika sudah tepat maka akan berubah menjadi warna kuning keemasan. Klik lalu arahkan ke atas.  Pastikan ORTHO MODE dalam keadaan aktif. Lalu klik.


Jika berhasil maka kondisi kerangka kaki kursi sudah dalam keadaan berdiri tegak.. 


Rubah view menjadi TOP lalu copy titik pusat lingkaran ke ujung kaki kursi yang atas.


Untuk lebih meyakinkan bisa dilihat di view SW ISOMETRIC. Jika benar jadinya seperti ini.


Move objek yang satu lagi. Ke bagian kaki kursi yang bawah. Tepat berada di MIDPOINT bagian garis Vertikal. 


Step 3     

Copy kerangka kaki kursi dengan menggunakan perintah ARRAY. Namun sebelumnya kita rubah terlebih dulu view menjadi TOP. Ini untuk mempermudah kita dalam melakukan copy menggunakan array.  Dalam posisi view TOP ketikan AR pada commandline, seleksi objek yang akan kita ARRAY. 


Tekan SPASI atau ENTER, Klik kanan pilih POLAR. Klik titik pusat perputaran objek yang akan di array. Tepatnya di titik tengah lingkaran.


Setelah di klik ketikan 4 pada commandline.  Tekan SPASI 3X. Jika sesuai dengan langkah di tutorial ini maka hasilnya seperti ini.


Objek yang kita ARRAY maka secara otomatis sudah manjadi satu kesatuan. Langkah selanjutnya kita pisahkan dengan cara klik objek yang kita array. ketikan X pada commandline. ENTER.  Maka objek sudah menjadi terpisah.

Kenapa ini di ARRAY?... padahal selesaikan dulu satu kaki kursi baru di array?...  jika ditanya kenapa maka saya jawab. KARENA.. hee karena ini untuk memudahkan dalam pembuatan lingkaran yang  kedua. Yang berada tepat di titik tengah tinggi kerangka kaki  kursi.

Step 4

Buat lingkaran tepat berada di MIDPOINT kerangka kaki kursi, dengan cara rubah terlebih dulu ke view SW ISOMETRIC. Buat lingkaran dengan perintah 2P.
Ketikan C pada commandline ENTER. Klik kanan pilih P. Klik di Midpoint 1 lalu di Midpoint  2.


Langkah ke empat sudah selesai dilaksanakan… dan ini hampir selesai.. berlanjut ke step berikutnya.

Step 5           

Di langkah beikut ini kita akan extrude meng extrude. He.. seleksi objek yang berada di ujung kaki kursi. 


Ketikan EXT pada commandline, ENTER, Klik kanan pilih PATH lalu klik objek kaki kursi tsb. Maka secara otomatis objek yang kita extrude menyesuaikan garis.
visual style Dalam kondisi  CONCEPTUAL.

Hasilnya seperti ini. 


Step 6

Rubah view menjadi TOP. Hapus bagian-bagian kursi yang belum di extrude.


Lakukan ARRAY kembali, dengan cara yang sama seperti ketika kita ARRAY Sebelumnya.



Masih dalam posisi view  TOP coba kita buat lingkaran dengan jari-jari 0.5, setelah jadi seleksi lingkaran tersebut. Lalu ketikan SWEEP pada commandline, ENTER lalu klik lingkaran yang paling luar / lingkaran di tengah kerangka kaki kursi.


Rubah VIEW menjadi LEFT. Lalu move lingkaran atas yang kita buat. Tepat berada di atas kaki kursinya. 

Sebelum di MOVE


Setelah di MOVE ke atas


Step 7         

EXTRUDE Lingkaran tersebut dengan memberi nilai 2. Caranya seleksi lingkaran, ketikan EXT, masukan nilai 2. ENTER. rubah view menjadi SW ISOMETRIC.



Oke… kursi sudah jadi… langkah berikutnya kita rubah sisi lingkaran supaya tidak begitu runcing. Dengan memanfaatkan perintah FILLET
Ketikan F pada commandline, Klik kanan pilih RADIUS, ketikan 0.5. setelah kursor berbentuk persegi. lalu klik di garis lingkaran yang atas.  


Tekan SPASI 2x. hasilnyapun sudah berubah..


Lakukan cara yang sama. Untuk bagian yang bawah.               
Rubah visual style menjadi REALISTIC lalu beri material sesuai yang diinginkan. 



Baik kali ini kita cukupkan sampai disini dulu. mudah-mudahan di tutorial berikutnya kita bisa membahas mengenai cara memberi material pada objek. Agar terlihat lebih nyata.. ta… ta… ta… :)

Terimakasih             
Semoga bermanfaat..  

Suhendar Daenuri



Posting Komentar

4 Komentar

  1. thx ilmunya om. lumayan buat pemula

    BalasHapus
  2. PT. Sarana Solusindo Informatika adalah Partner Autodesk Indonesia yang beralamat di Kedoya Elok Plaza Blok DC-50 Jl. Panjang, Jakarta Barat 11520 Jakarta - Indonesia.

    Berikut beberapa type Autodesk AutoCad 2017 yang kami rekomendasikan untuk anda diantaranya;
    1. Jual AutoDesk AutoCad 2017
    2. Jual AutoDesk AutoCad Lt 2017
    3. Jual AutoDesk Maintenance Subscription 2016
    4. Jual BIM for Building
    5. Jual BIM For Infrastructure


    PT. Optima Solusindo Informatika adalah Authorised Distributor Autodesk Indonesia yang beralamat di Kedoya Elok Plaza Blok DC-50 Jl. Panjang, Jakarta Barat 11520 Jakarta - Indonesia, ingin menginformasikan Feature dan Keunggulan Autodesk AutoCad, sebagai Software Desain Pemodelan Grafik yang harus anda coba.

    Berikut beberapa type Autodesk AutoCad yang kami rekomendasikan untuk anda ;
    1. Autodesk AutoCad 2017
    2. Autodesk AutoCad Lt 2017
    3. Autodesk Maintenance Subscription


    Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Autodesk AutoCad hubungi kami sekarang juga di sebagai Authorised Distributor Autodesk Indonesia Terima Kasih.

    BalasHapus
  3. cara ngsh wrna merah d atas kursiny gmna gan?

    trims

    BalasHapus
  4. Jelas tutornya,mantabs. Thanks gan. Ditunggu kunjungan baliknya di www.gratiskabeh.com

    BalasHapus