Tips Fotografi : Mencegah Jamuran Pada Lensa Kamera


Salam, alhamdulillah puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang memberikan kita kesempatan untuk saling berbagi ilmu di ilmuwebsite.com. Kali ini saya akan memberikan tips cara mencegah jamur hinggap pada lensa DSLR kesayangan kita.

Ya, mungkin jika jamur sedikit tidak berpengaruh terhadap hasil jepretan kita, namun ketika sudah banyak dan menutupi seluruh mata lensa DSLR kita, akan membuat semua gambar yang kita bidik blur hasilnya karena terhalang oleh si jamur itu sendiri.

Lantas apa saja tindakan preventif atau pencegahan yang seharusnya dilakukan agar lensa kita terhindar dari jamur yang membandel.



1. Jangan simpan lensa anda di tempat yang lembab.

Jamur, cenderung hidup di tempat yang lembab. Biasanya anda menyimpan kamera kesayangan anda di lemari pakaian, cobalah perhatikan tingkat kelembaban lemari pakaian anda. Bau apek atau harumnya pakaian anda bukanlah patokan lemari anda lembab atau tidak, karena sedikit kelembaban saja sudah cukup membuat lensa anda berjamur. Jika anda terpaksa menyimpan lensa anda di lemari pakaian maka ada baiknya anda melakukan tips yang kedua.

2.  Menyimpan dalam Box Kedap Udara.

Menyimpan dalam box kedap udara atau bisa juga disebut dry box adalah tindakan prefentif yang sangat disarankan, karena jika hanya sekedar dimasukan kedalam tas, kelembaban tidak bisa dihindari dan ini yang menyebabkan kita kecolongan hingga jamur hinggap dengan mudahnya ke dalam lensa kita.

3. Penyinaran Matahari (UV)

Jika kamera anda jarang dipakai diluar, tentu saja lensa anda jarang terkena sinar matahari. Padahal logisnya jamur tidak suka berada pada tempat yang terkena sinar matahari. Jadi ada baiknya sesekali anda menjemur lensa anda di bawah sinar matahari pada waktu tertentu agar bibit-bibit jamur yang kemungkinan akan tumbuh dapat dihentikan dengan cara ini.


4. Silica Gel

Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica gel adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica gel juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan. Jadi jika anda berpergian dan merasa repot jika harus membawa Box kedap udara, maka siapkanlah silica gel agar dapat mencegah jamur hinggap di lensa anda.


Jamur yang berada di sisi luar lensa mungkin mudah menghilangkannya, namun jamur yang berada di sisi dalam lensa membutuhkan keahlian khusus dalam membongkar dan memasangnya. Sehingga jika hal ini terjadi dan anda tidak punya keahlian sebelumnya dalam membongkar lensa, jangan paksakan diri anda melakukannya. Lebih baik anda bawa lensa anda untuk di perbaiki kepada ahlinya.

Salam Jepret.

Yogi Wicaksono




Terbatas! hanya sampai 30 September 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Yogi Wicaksono

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==