Tutorial Autocad : Menggabungkan Beberapa Gambar Layout Jadi 1 File PDF


Terkadang kita membutuhkan file gambar berada dalam satu file pdf yang sudah mencakup beberapa gambar. Mengingat salah satu yang harus diperhatikan dalam menyelesaikan pekerjaan adalah efisiensi waktu. 

Bahkan sepertinya sudah hal yang hampir lumrah ketika kita menangani pekerjaan atau projek dengan batas waktu yang ditentukan atau 'deadline'.

Nah kali ini coba membahas bagaimana caranya membuat layout gambar yang dijadikan dalam satu file Pdf. Ini memudahkan dan mempercepat dalam proses print nantinya. Dengan syarat hanya bisa digunakan jika kita bekerja  di Paper Space

Pendek kata, singkat cerita mari kita mulai..

Sebagai contoh misalkan saya sedang mengerjakan projek seperti gambar di bawah ini. 


Step 1

Di Tab Layout 1, klik kanan lalu pilih Page Setup Manager, lalu klik Modify.
Pada paper size silahakan pilih ukuran kertas, What to Plot pilih Layout dan Scale pilih 1:1. (skala kertas bukan skala gambar).

Plot Style Table dikondisikan, jika menginginkan gambar berwarna sesuai dengan yang kita gambar pada tab model , ataupun Grayscale.  Silahkan pilih settingan  standar yang ada di Plot Style.

Lebih bagus lagi jika kita punya plot style sendiri.

Step 2

Di menu VIEW pilih Rectanglar, klik sudut siku-siku garis putus-putus arah kiri atas yang ditunjukan angka 1. lalu sudut siku-siku kanan bawah 2.  Hingga hasilnya seperti dibawah ini.

Untuk Rectangular jangan sampai keluar dari garis putus-putus. Jika masih bingung, silahkan baca lagi tutorial sebelumnya. Disini


Di Tab Model or Paper Space pastikan yang aktif adalah MODEL sesuaikan gambar. dengan menggeser ataupun zoom in, zoom out. kali ini saya mempunyai 6 gambar di satu tab model, dan saya posisikan 1 gambar untuk satu layout. Sehingga untuk Layout 1. Saya isi gambar yang dipojok kiri atas. penampakannya seperti dibawah ini. 


Step 3

Buat Layout baru dan lakukan cara yang sama untuk layout-layout berikutnya. Kali ini saya membuat 6 layout. Masing-masing satu layout satu gambar.


Step 4

Step berikutnya adalah menggabungkan layout-layout menjadi satu dalam bentuk Pdf.
Ketikan EXPORTPDF pada commandline, tekan ENTER.


Save hasil yang akan dijadikan PDF, di Export pilih All Layout, File nama beri nama sesuai yang diinginkan. Jika sudah klik Save.  Cari folder tempat menyimpan file Pdf.  Lalu tinggal buka file pdf nya.



Bereskan… beberapa layout jadi dalam 1 file Pdf.

Semoga Bermanfaat.

Suhendar Daenuri
\

Terbatas! hanya sampai 25 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

suhendar daenuri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==