Belajar Fotografi : Mengenal Rule Of Third



Seorang fotografer, professional maupun yang sedang belajar pasti tahu dengan Rule Of Third. Kalau anda seorang fotografer namun tidak mengerti dengan apa itu rule of third, maka kali ini saya akan coba membahasnya sedikit untuk anda.

Walau pada faktanya seorang fotografer bisa saja mengatakan bahwa Rule Of Third adalah sebuah konspirasi yang mengungkung daya eksperimen seorang fotografer, ya itu sah-sah saja.

Yang pasti maksud dari adanya Rule of Third ini adalah memberikan keseimbangan, keselarasan pada komposisi sebuah foto antara Point Of Interest, Foreground dan Background.

Komposisi Rule Of Third memang bukan satu-satunya komposisi yang dipakemkan di dunia fotografi. Dan pada akhirnya Anda bisa menentukan ingin menggunakan komposisi ini atau tidak.
Baik, coba anda perhatikan gambar berikut ini :
 

Gambar diatas adalah garis panduan yang menghasilkan titik hijau sebagai posisi dimana POI (Point Of Interest) atau objek utama ditempatkan.

Anda bisa menggunakan photoshop untuk membantu melihat apakah foto yang anda hasilkan sudah sesuai dengan Rule Of  Third atau tidak. Caranya adalah :

1. Masuk ke Photoshop dan buka file foto yang telah anda ambil menggunakan kamera anda. Sebagai contoh saya akan melihat foto makro saya sudah sesuai dengan rule of third atau tidak.



2.  Selanjutnya anda bisa menekan CTRL + K, hingga jendela preferences terbuka seperti dibawah ini.



3. Selanjutnya and pilih menu Guides, Grid & Slice, dan rubah parameter sebagai beriku ini.
Gridline Every : 100 Percent
Subdivisions : 3
 

4.    Setelah merubah parameter hingga sesuai silahkan klik OK, dan untuk menampilkan Gridline Rule Of Third tadi anda bisa memilih menu View --> Show --> Grid
 

5. Setelah itu lihat apakah Point Of Interest sudah berada pada titik yang sesuai dengan Komposisi Rule Of Third tadi ?
 

Jika anda rasa bahwa POI yang Anda hasilkan tidak diposisi Rule Of Third tadi, maka Anda bisa menyesuaikannya. Bersyukurlah kita hidup di zaman serba photoshop, jadi aturan komposisi Rule Of Third bukan menjadi halangan bagi kita dalam berkomposisi.

Salam Jepret.

Yogi Wicaksono

Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Yogi Wicaksono

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==