Tutorial Autocad : Menambahkan Kop Gambar dan Pengaturan Skala


Salam, kembali lagi dengan saya, di kanal desain.ilmuwebsite.com, pembahasan tutorial Autocad. Baiklah kita akan lanjutkan tutorial autocad sampai selesai, selesai-seselesainya :). Namun kali ini saya coba membahas bagaimana caranya Menginsert atau menambahkan kop yang sudah dibuat dan dijadikan blok, bagian dari dokumen yang siap print nantinya.

Oke kita langsung mulai saja topik utamanya, silahkan simak....

Step 1

Buatlah ukuran kertas A4 dengan cara rubahlah page layout 1. Klik kanan pilih page setup manager dst. Untuk pengaturan ada di tutorial sebelumnya. Membuat Kop (Keterangan Detil) Gambar / Draft
Hingga hasilnya seperti dibawah.

Insert Kop Gambar dan Pengaturan Skala

Layout kertas dengan ukuran A4 sudah jadi.

Step 2

Insert kop gambar yang sudah dijadikan blok. Dengan cara.  Pilih menu insert klik insert. Atau dengan mengetikan Insert pada commandline.


Maka muncul tampilan seperti dibawah. Cari nama Kop yang sudah dibuat.


Pilih ok, dan tempatkan Kop yang sudah dibuat ke Layout yang sudah kita atur.
klik di area layout maka akan tampil pertanyaaan di commandline  yang sudah kita buat pada saat membuat block.


Kita bisa langsung mengisikannya disini, ataupun nanti. Kali ini belum saya isi, saya akan mengisikan jika gambar sudah diinsert. Jadi ketika muncul pertanyaan di commandline saat insert Kop gambar tinggal tekan enter berkali-kali sampai pertanyaanya habis dan kop gambar muncul.


Step 3

Insert gambar pada Kop yang sudah dibuat. Dengan cara klik menu View. Pilih Rectangular.

Klik di sudut 1 dan lanjutkan klik ke sudut 2. 



Maka secara otomatis gambar sudah berada didalam Rectangle yang kita buat, dengan catatan gambarnya sudah ada. Dan sudah kita buat di Tab Model. 

Step 4

Step berikutnya adalah merubah skala gambar. untuk merubah skala gambar pastikan Model or Paper space kondisi yang aktif adalah PAPER.  


Cara merubahnya cukup gampang tinggal klik PAPER maka akan berubah menjadi MODEL, jika dalam kondisi model ingin dirubah ke PAPER, klik kembali MODEl maka akan berubah menjadi PAPER.

Jika PAPER yang aktif maka ketika kita Zoom in atau Zoom out yang kita Zoom adalah kertasnya. Dan ini tidak merubah skala gambar. namun sebaliknya.

Jika MODEL yang aktif maka ketika kita Zoom in ataupun Zoom out yang berubah adalah gambarnya. Ini akan merubah skala gambar.

Untuk merubah skala gambar, pastikan kondisi yang aktif PAPER. Klik sisi Rectangular.


Untuk merubah skala gambar tekan CTRL + 1  Maka muncul tampilan properties.


Kali ini gambar saya skalakan  1 : 85  dengan cara di custome scale ketikan 1/85 setelah itu tekan enter. Maka skala gambar kita sudah 1 : 85

Step 5

Jika posisi gambar tidak pas dengan Kop gambar. maka untuk merubahnya.  Paper space dalam kondisi MODEL. yang harus diingat. Jangan Zoom in ataupun Zoom out gambar, karena skala akan berubah. 
untuk menggeser gambar supaya skala tidak berubah hanya Pan yang digunakan. caranya tekan scrol pada mouse. Cursor berbentuk telapak tangan. Lalu geser gambar. sampai tepat berada diposisi tengah. kurang lebih seperti dibawah ini.

Step 6

Memberi keterangan gambar pada Kop gambar. Model or  Paper Space yang aktif dalam kondisi PAPER klik 2x pada Kop Gambar. maka muncul tampilan seperti ini.


Klik NAMA_GAMBAR lalu Value nya diisi Denah Rumah.
SKALA:   1 : 85 DIGAMBAR: Suhendar  DIPERIKSA: Daenuri  KETERANGAN: Gambar sudah fix. Klik OK  jika sudah selesai. 


Langkah selanjutnya tinggal Plotting. Sekian dan semoga bermanfaat.

Suhendar Daenuri

Terbatas! hanya sampai 25 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

suhendar daenuri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==