Tutorial Photoshop : Efek Teks 3D Sederhana Menggunakan Photoshop


Assalamualaikum, Alhamdulillah sampai saat ini saya masih bisa istiqomah untuk menulis artikel dan berbagi kembali kepada Anda, mungkin Anda yang sudah menunggu-nunggu kelanjutan tutorial photoshop, khususnya artikel yang saya buat. Hehehe....

Dalam pertemuan ini akan saya berikan teknik pembuatan 3D menggunakan text sebagai objek yang akan dieksekusi.

Pada photoshop itu sendiri sebetulnya sudah ada tools yang dapat secara otomatis bisa membuat 3D. Namun mungkin anda menemui kesulitan pada penggunaan tools tersebut yang dimana tools 3D tersebut tidak bisa digunakan. Itu disebabkan tools 3d tersebut membutuhkan spek computer yang tinggi. Hehhe yah jadi apa boleh buat, itu hanya bisa terpampang sajah. Tidak usah kecewa disini saya akan memberikan solusinya kepada anda. Ayyoooo langsung saja kita mulai.
  

Langkah 1

Buat dokumen baru (file – new document) atur parameter width = 1680 px, Height = 1050, Resolution 300 px, ingat disini kita menggunakan satuan pixel.



Langkah 2

Buatlah text yang simple saja yah, saya menggunakan ilmuwebsite sebagai text yang akan dibuat 3D nya. Anda bisa memulainya dengan menggunakan text tool, font yang digunakan yaitu Century Gothic dengan mode regular, dan ukuran font 48 pt. menggunakan warna hitam pada tulisan ilmuwebsite. Digambar bawah terdapat icon character yang saya tandai dengan kotak merah itu untuk memunculkan panel character, disitu anda atur kerapatan text menjadi -50 lihatlah pada gambar dibawah.



Langkah 3
Selanjutnya pergi ke layer lalu seleksi layer yang bertuliskan ilmuwebsite, kemudian klik kanan di layer tersebut lalu pilih rasterize type.



Langkah 4

Ke menu bar pilih edit – free transform (CTRL + T)




Langkah 5

Klik kanan didalam text yang sudah di transform, pilih distort



Langkah 6

Lihat pada gambar yang sudah diberi tanda, maksudnya tarik sudutnya saja, keatas dan kebawah.



Langkah 7

Jika distort sudah berhasil, langkah ini mohon diperhatikan dengan baaik. Lihat pada gambar, disitu layer ilmuwebsite sudah terseleksi. Jika sudah ada tanda warna biru pada layer tersebut. Naahhh kemudian tekan dan tahan tombol Alt pada keyboard anda kemudian tekan arah kiri sebanyak 8 kali (jangan lupa tekannya bersamaan dengan tombol Alt ya) semoga berhasil.



Langkah 8

Jika memang berhasil, lihat gambar dibawah yang saya beri tanda kotak berwarna merah, pada layer terdapat duplikasi sebanyak 8 layer.



Langkah 9

Seleksi semua layer yang bertuliskan layer copy (ilmuwebsite copy), sedangkan yang tidak terdapat tulisan copy tidak usah diseleksi. Jika sudah pergi menu layer – pilih merge layer (CTRL + E ).



Langkah 10

Ini hasil penggabungan layer copy tersebut.




Langkah 11

Sekarang anda rubah posisi layer seperti gambar dibawah, caranya tinggal klik tahan lalu tarik pada layer yang akan dirubah posisinya. Disitu layer copy menjadi ada dibawah layer ilmuwebsite.




Langkah 12

Seleksi layer ilmuwebsite copy 8, lalu berikan Fx gradient overlay.




Langkah 13

Atur fill color gradientnya sesuai dengan code angka yang sudah saya tuliskan pada gambar dibawah ini.



Langkah 14

Seleksi layer ilmuwebsite, lakukan hal yang sama seperti langkah 13, namun dengan kode warna yang berbeda. Lihat gambar



Langkah 15

Sekarang beri FX bevel and emboss pada layer ilmuwebsite. Paramteryang diatur yaitu, depth = 52 %, Size 6 px, Soften 2 px, angle 35 derajat, hanya itu saja yang diatur biarkan yang lain default saja.



Langkah 16

Setelah bevel and emboss, sekarang anda atur contournya perhatikan kembali pada gambar dibawah ini agar lebih jelas.



Langkah 17

Berikan opacity pada layer ilmuwebsite menjadi 23 %



Langkah 18

Berikan opacity pada layer ilmuwebsite copy menjadi 41 %



Dan akhirnya selesai juga anda dalam pembuatan 3d text yang sangat sederhana ini. Mungkin alangkah lebih bagusnya anda bisa mengkreasikan kembali hasil 3dnya agar menjadi lebih maksimal. Mungkin disitu anda bisa berikan efek seperti bayangan dibawah, yang seolah – olah text 3d terlihat sangat realistis. Ataupun anda dapat menambahkan kembali FX layer style sperti drop shadow, iner glow dll.



Okeee....dan terakhir saya sangat berterimakasih pada anda sudah menyempatkan untuk bisa membaca dan mengikuti tutorial dari saya. Sekali lagi semoga ini menjadi bermanfaat untuk anda semua, sampai bertemu kembali di tutorial saya berikutnya. See… you...

Yan Yan Irawan

Terbatas! hanya sampai 25 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

yanyan irawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

5 komentar:

  1. Lengkap banget penjelasannya, semoga bisa saya coba berhasil...

    BalasHapus
  2. Tutorialnya jelas banget :)
    Terimakasih . ..

    BalasHapus
  3. makasih artikelnya sangat membantu
    ijin share
    http://short8.net/xgJU8

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==