Teknik Fotografi : Teknik Pengambilan Foto Panning


Apa sih foto paning itu? Panning aku di buatnya. Panning tujuh keling keling. :D. Foto panning tidak ada hubungannya dengan pening atau pusing. Walau memang ada bagian yang membuat foto panning ini yang memang sedikit membuat kita pusing. Tapi bukan itu masalahnya.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan foto panning ? foto panning adalah foto dimana fotografer membidik dengan cara mengikuti gerakan Point Of Interest. Itu artinya ada tempo dimana rana / tirai terbuka dan merekam aktivitas POI, namun demikian hasilnya berbanding terbalik dengan hal diatas. Yang terjadi justru gerakan mengikuti POI membuat POI menjadi freeze (beku) sementara yang shake (bergerak) adalah background dan foreground. Di sinilah uniknya foto panning.


Lantas bagaimana metering yang harus dilakukan oleh foto panning ?

  1. Lensa, sebaiknya dalam melakukan panning lensa yang digunakan adalah lensa tele dengan focal lenght 70mm sd 300mm, karena dengan lensa ini POI bisa lebih mudah ditangkap sempurna dan Background lebih mudah shake (bergerak). Namun demikian menggunakan lensa fix 50mm pun bisa.
  2. Shutter Speed, karena ada tempo merekam gerakan Background tadi, maka tentu saja shutter speed yang digunakan adalah shutter speed rendah, dibawah 1/60 tentunya.
  3. ISO, kalau ini bisa disesuaikan keadaan sinar cahaya matahari. Dan tentunya juga menyesuaikan metering sebelumnya yaitu shutter speed.
  4. Diafragma, untuk yang satu ini saya sarankan anda membuka sedikit lebih lebar sehingga kedalaman fokus hanya untuk Point Of Interest saja. Ya bisa dikatakan anda bisa menggunakan 8, 5,6, 4,5. Sekitar itu saja.
  5. Filter ND, ini untuk antisipasi jika anda melakukan hunting foto panning di siang hari di mana matahari memancarkan sinarnya dengan sangat terang.
  6. Tripod, ini juga penting karena untuk menjaga stabilitas kamera yang menggunakan lensa tele sehingga gerakan panning (dari kiri kekanan) tetap berada pada ketinggian yang sama.


Jika semua sudah siap, maka lakukan gerakan panning dengan cara klik shutter release sambil mengikuti gerakan point of interest misalkan dari kiri ke kanan.

Berikut beberapa foto panning yang dihasilkan pada prakter kelas fotografi mahasiswa tempat saya mengajar dengan meteringnya.

Keterangan Metering :
Shutter Speed : 1/40
ISO : 100
Diafragma : 5
Focal Lenght : 50mm



Keterangan Metering :
Shutter Speed : 1/40
ISO : 400
Diafragma : 4.5
Focal Lenght : 135mm
Oke, silahkan anda berkesperimen dengan teknik foto panning ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Yogi Wicaksono
Founder Kaffah.biz

Terbatas! hanya sampai 25 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Yogi Wicaksono

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==