Space / Ruang : Komponen Pokok Dalam Desain Grafis


Pada kesempatan yang amat berbahagia ini saya ingin menuntaskan pembahasan kita masih mengenai komponen pokok dalam desain grafis, setelah beberapa waktu kemarin saya membahas mengenai lima komponen pokok dalam desain grafis, yakni garis, shape, ilustrasi, warna, typography dan sekarang alhamdulilah saya masih bisa membahas mengenai komponen desain grafis yakni Space atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan ruang. 

Mengapa ruang penting dalam desain grafis? kita akan bahas selengkapnya. Check this out..

Space

Space yang dimakud disini merupakan area untuk kita menampatkan seluruh komponen desain kita, dengan adanya space kita akan bisa merasakan besar dan kecil, jauh dan dekat, kenapa ? nanti anda akan tau sendiri. Sebagai contoh sederhana, coba tengok ke ruang tamu anda ? seberapa luaskah ? barang apa saja yang terdapat di ruang tamu anda ? Apakah semua barang tersebut penting ? atau hanya sebagai hiasan yang tidak terlalu penting saja ? 

Anggaplah barang-barang Anda di ruang tamu itu merupakan lima komponen desain grafis yang telah kita bahas sebelumnya, anda akan bisa merasakan sendiri betapa bedanya ruang yang tertata rapi dibandingkan dengan ruang yang berantakan, semisal ada kompor di ruang tamu anda, anda bisa bayangkan bagaimana tidak enaknya tamu anda melihat ada kompor di ruang tamu ? Namun jika anda menempatkan hal yang memang cocok diletakan diruang tamu seperti foto keluarga, bunga, itu akan terasa lebih nyaman dan enak dipandang. 

Begitupun desain anda, jika Anda sembarang menempatkan komponen desain pada desain anda, yah mungkin seperti melihat kompor diruang tamu orang akan melihatnya.

Jauh dan Dekat

Yah, seperti yang telah disinggung sebelumnya, dengan adanya ruang anda akan bisa merasakan sesuatu jauh atau dekat, kenapa ? berikut ilustrasinya 
 

Bandingkan dengan yang satu ini 


Denga ruang kosong yang lebih luas, anda bisa merasak sebuah elemen terasa jauh, sedangkan dengan ruang kosong yang lebih sedikit anda bisa merasakan sebuah elemen jauh terasa dekat. 
Yah begitulah kiranya fungsi dari ruang kosong yang bisa kita rasakan. Dengan mengenal lebih dalam lagi mengenai ruang anda akan bisa lebih baik lagi dalam menata ruang desain anda. 

Demikian dan semoga bermanfaat,

Irfan Maulana

Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==