Belajar CorelDraw : Lebih Dalam Mengenai Guidelines


Hello gimana kabarnya? baik? sehat? semoga dengan kabar yang Insya Allah baik baik saja ya, dan kita semua selalu diberikan kesempatan untuk terus menyebarkan manfaat untuk sesama, Aamiin. 

Setelah beberapa waktu lalu saya menyelesaikan artikel mengenai Komponen Pokok Dalam Desain Grafis, pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih dalam lagi apa itu Guidelines. Tiap tiap aplikasi Desain Grafis pasti punya yang namanya guidelines, mengapa demikian ? Yu sama sama kita bahas.

Guidelines

Guidelines merupakan garis bantu (bukan merupakan objek) yang ditempatkan pada workspace untuk membantu desainer dalam menata letakan objek yang akan dibuat. Dengan adanya guidelines, para desainer akan lebih mudah membuat tata letak yang presisi karena meiliki patokan dimana mereka harus meletakan objeknya. Sekali lagi guidelines disini bukanlah sebuah objek, sehingga ketika anda mencetak desain anda, anda tidak akan melihat ada garis bantu yang ikut tercetak. Begitu ceritanya.

Guidlines Pada CorelDRAW

Yah, seperti aplikasi grafis lainnya, aplikasi pengolah vector yang sangat populer ini tentunya memilki fitur guidelines. guidelines pada CorelDRAW sangat mudah diaplikasikan bahkan untuk para pemula sekalipun.

Memunculkan Guidelines

Di dalam CorelDRAW , kita bisa mengaktifkan fitur guidelines pada menu View-Guidelines ,


Pastikan posisinya dalam keadaan ceklis.

Membuat Guidelines

Anda bisa membuat guidelines secara horizontal, vertical atau bahkan keduanya secara langsung dengan sangat mudah. 

Horizontal Guidelines

Untuk membuat horizontal guidelines  anda hanya perlu klik mouse pada ruler yang terdapat di workspace CorelDRAW, Kemudian drag ke lembar kerja.


 Vertical Guidelines

Sama halnya dengan horizontal guidelines  anda hanya perlu klik mouse pada ruler yang terdapat di workspace CorelDRAW, Kemudian drag ke lembar kerja.


 Horizontal dan Vertical

Anda juga bisa secara langsung membuat guidelines secara vertikal dan horizontal, cukup klik pada bagian pojok kiri atas, kemudian drag ke workpsace. Dengan membuat guidelines seperti ini anda secara otomatis juga telah menentukan dimana letak titik 0,0 pada lembar kerja CorelDRAW anda.


Rotate Guidelines

Meski bukan merupakan objek,anda tetap bisa merotate guidelines pada CorelDRAW, sehingga akan lebih memeprmudah anda ketika ingin membuat desain secara diagonal. Untuk dapat merotate guidelines, cukup klik dua kali pada guidelines kemudian rotate kemana anda mau.


Fix Ratio

Selain bisa mengatur secara manual penempatan serta rotate guidelines di CorelDRAW, anda juga bisa membuat semuanya tepat sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, aktifkan guidelines kemudian isikan pada posisi berapa anda ingin melokasikan guidelines anda.



Dengan memanfaatkan fitur guidelines, anda akan jauh lebih mudah membuat desain yang proposional sesuai dengan kebutuhan anda, demikian pembahasan mengenai Guidelines di CorelDRAW dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana


Terbatas! hanya sampai 30 September 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==