Belajar Photoshop: Pembahasan Lanjut Mengenai Layer


Salam. Okee… Bersapa lagi dengan saya Yan Yan Irawan, melanjutkan materi yang sebelumnya mengenai layer pada photoshop,yang mungkin kemarin anda masih sempat kebingungan karena saya hanya membahas sedikit saja. Kali ini saya akan jabarkan kembali lebih banyak tentang layer.

Jadi proses bagaimana memposisikan layer, menyeleksi layer merupakan langkah yang dasar dan akan sering anda gunakan pada saat anda bekerja menggunakan photoshop.

Tidak berlama – lama langsung saja kita praktekkan.

Langkah 1

Buka file baru di photoshop lalu lihat di jendela panel sebelah kanan bawah terdapat panel layer, yang biasanya ketika kita buat file baru langsung muncul layer background di panel tsb.
 

Langkah 2

Naaahh kita coba dengan membuat 4 buah layer dengan mengklik icon create new layer, sudah saya tandai dengan kotak warna merah pada gambar dibawah ini.


Langkah 3

Sekarang anda bisa klik kiri 1 kali pada layer 1. Jika terdapat warna biru pada layer tsb, artinya layer itu dalam keadaan aktif.


Langkah 4

Kemudian bagaimana cara menyeleksi layer satu persatu namun pemilihannya secara acak, jadi jika dilihat di gambar bawah ini ada 3 layer yang terseleksi. Anda bisa mencobanya dengan menekan CTRL + Klik kiri pada layer yang akan kalian seleksi.

 

Langkah 5

Selanjutnya anda bisa coba dengan menyeleksi semua layer dengan cara klik pada layer 1 yang sudah ditandai dengan no 1. Kemudian tekan SHIFT lalu anda klik di layer ke 4 yang di tandai no 2.
Jika berhasil disitu layer 1 sampai 4 semua terseleksi.


Langkah 6

Naaahhh kita lanjut kembali dengan memposisikan layer. Pertama kita coba dengan klik di layer 1 kemudian ke menu layer - arrange – pilih bring forward.
Artinya posisi layer 1 naik keatas berpindah dengan layer 2.


Langkah 7

Anda coba lagi masih dengan seleksi layer 1. Kemudian ke menu layer – arrange – pilih Bring to front
Artinya posisi layer 1 berada di paling atas diantara layer- layer lainnya.


Langkah 8

Dengan layer yang berbeda, coba anda seleksi layer 4 kemudian ke menu layer – arrange – pilih send Backward.

Maka posisi layer 4 menurun kebawah berpindah dengan layer 3


Langkah 9

Masih di layer 4, ke menu layer – arrange – pilih send to back
Maka posisi layer berada di bawah yaitu di atas layer background.


Langkah 10

Terakhir anda bisa merubah posisi layer dengan menarik/drag layer tsb ke posisi mana sajah. Bisa anda lihat contoh pada gambar di bawah.


Akhirrrrnyaaa cukup sekian pembahasan mengenai layer, semoga yang saya berikan bisa sangat bermanfaat dalam proses belajar anda. Trmksih
see….you…

Yan Yan Irawan



Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

yanyan irawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. pak saya mau tanya, ko photoshop saya gak bisa seleksi layer ya? CTRL+Klik jadi load selection :(

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==