Selamat
jumpa kembali sodara - sodara sekalian, berjumpa lagi dengan saya dan seperti biasanya kita akan
melakukan sesuatu yang biasa dilakukan.
Mudah-mudah dengan kebiasaan yang ini menjadikan kita orang yang luarrrr biasa.
Caranya cukup
sederhana untuk menjadi orang yang luar biasa di Autocad. Rajin membaca tutorialnya. Praktekan dan ulangi berkali-kali sampai menjadikan sodara luar biasa.
Sesuai dengan pribahasa yang mengatakan. “bisa karena
biasa” . MANTAAP!!
Mari kita
lanjut saja ke tutorialnya…
Buatlah
lingkaran dengan jari-jari 5. Kali ini kita gunakan satuan Millimeter.
Selanjutnya kita buat Polygon.
Ketikan POL pada commandline. Tekan ENTER ketikan 6
tekan ENTER. Klik tepat di titik
tengah lingkaran yang sudah kita buat.
Setelah di klik, selanjutnya klik kanan pilih Inscribe In Circle, beri jari-jari 5 dengan cara mengetikan angka 5 pada
commandline. ENTER
Pastikan langkah anda benar.. sehingga hasilnya
sama seperti dibawah ini.
Kembali
lagi buat lingkaran dengan jari-jari 2.5 tepat berada di titik pusat lingkaran
yang pertama
Copy objek tersebut mejadi 2. Dan rubah view menjadi SW Isometric.
Seleksi objek polygon dan lingkaran yang berada di dalam polygon.
Ketikan EXT pada commandline, tekan SPASI.
Arahkan ke atas dan beri nili 5.
Setelah ENTER. Rubah Visual Style menjadi
Conceptual.
Silahkan di bolongi objek polygon tersebut.
Dengan menggunakan perintah SUBSTRACK. Supaya memudahkan dalam membolongi.
Sebaiknya visual style dirubah terlebih dulu menjadi 2D Wireframe
Ketikan SU pada commandline, ENTER. Klik objek
polygon (1). Tekan SPASI. lalu klik objek lingkaran yang berada di dalam
polygon (2).
Kembalikan visual style menjadi Conceptual.
Jika sesuai dengan langkah di tutorial ini. Hasilnyapun pasti sesuai.
Oke rubah kembali view style menjadi TOP. Buatlah polygon/segi tiga. dengan
jari-jari 0.5 jenisnya Inscribe In
Circle.
Caranya.
Ketikan POL pada commandline tekan ENTER. Ketikan 3 tekan ENTER. Klik
kiri di area dimana kita akan membuat polygon. Klik kanan pilih Inscribe In Circle. Ketikan 0.5 tekan
ENTER. Pastikan hasilnya menjadi seperti dibawah.
Putar segi tiga tersebut dengan memanfaatkan perintah Rotate sehingga
posisinya menjadi seperti ini.
Rubah kembali View Style menjadi SW Isometric.
Langkah berikutnya adalah. Kita rotate segi
tiga. Dengan memanfaatkan perintah 3D Rotate.
Seleksi objek segi tiga tersebut.
Pastikan ORTHO MODE dalam keadaan aktif. Jika
belum silahkan tekan F8 pada keyboard. Klik lingkaran yang berwarna merah. Lalu
arahkan ke atas. Setelah di arahkan ke atas klik kiri pada mouse.
Dan hasilnya pun jadi seperti ini sodara.
Sekarang kita pindahkan segi tiga. dari Midpoint pada garis segi 3 yang lurus Vertikal.
Seleksi segi 3 nya. Ketikan M pada commandline, ENTER. Klik di midpoint
segi 3. Seperti yang ditunjukan gambar dibawah.
Taro di quadrant lingkaran yang berada dibawah
polygon yang sudah di extrude.
Sehingga jika polygon yang sudah menjadi 3d
kita sembunyikan. Bisa dilihat seperti ini.
Selanjutnya seleksi segi 3 tersebut. Ketikan
SWEEP pada commandline. ENTER. Lalu klik lingkaran tersebut. Dan hasilnya
seperti ini.
Kopi lingkaran bawah. Yang sudah di SWEEP. Dengan memanfaatkan perintah
MIRROR.
Seleksi lingkarannya.
hasilnya…
Masih dalam
posisi view FRONT.
Ketikan SU
pada commandline. ENTER. Klik objek No. 1 tekan SPASI. Lalu klik objek No. 2
dan 3.
Jika sudah
beres. Jadinya begini.
Supaya terlihat sedikit lebih realistik. Maka rubah visual Style menjadi
REALISTIC dan View nya rubah menjadi SW Isometric.
Hmmm… belum selesai tapi ternyata banyak juga ya screenshot nya. Okke
deh sementara saya cukupkan sampai disini dulu . Minggu depan kita selesaikan.
Jadi judulnya BERSAMBUNG.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Suhendar Daenuri
Suhendar Daenuri
0 Komentar