Belajar Fotografi : Tips Memilih Kamera DSLR


Orang yang baru dalam dunia fotografi tentu membutuhkan referensi agar dapat memiliki kamera yang sesuai dengannya.

Terlebih bagi yang sedang semangat-semangatnya mendalami fotografi, saking semangatnya janji minjam sehari kamera kawan taunya keasyikan sampai dua minggu nggak dikembalikan :D.

Sebenarnya apa sih parameter yang harus dipertimbangkan untuk memiliki sebuah kamera yang sesuai ? jangan sampai semangat menggebu-gebu anda dimanfaatkan oleh para pedagang yang bisa baca psikologi anda kemudian dengan sedikit rayuan maut anda terjebak dan mendapatkan kamera yang tidak tepat.

Atau semisal anda dapat kamera ideal, namun dengan harga yang tidak masuk akal.



Sebenarnya setiap produsen kamera memiliki klasifikasi yang disesuaikan dengan kondisi dan permintaan pasar, karenanya ada istilah tipe 1 digit untuk high class, tipe 2 digit untuk middle high dan tipe 3 juga 4 digit untuk middle low. Begitu juga dengan lensa, beberapa produsen lensa kelas dua memproduksi berbagai lensa untuk aneka keperluan yang bisa disesuaikan dengan budget anda. Tapi kebanyakan orang, menilai dari fisik, misalkan lensa semakin panjang semakin mahal :D

Intinya jangan memilih kamera dengan hawa nafsu, tapi pilih kamera dengan penuh pertimbangan yang didasarkan pada kebutuhan dan juga keadaan keuangan anda. 

Berikut beberapa tips memilik kamera DSLR

1. Coba pastikan apa yang membuat anda tertarik pada dunia fotografi ? sehingga, kecenderungan ini yang nantinya akan menentukan prioritas dalam memilih gear. Misalkan anda tertarik pada dunia fotografi karena suka dengan foto makro, maka tentu saja anda tidak bisa mendapatkan objek makro dengan kamera KIT yang lensa bawaanya berdiameter 18mm sd 55mm. Anda bisa memilih kamera body only dan membeli lensa makro misalnya secara terpisah. Begitu juga ketika anda tertarik pada dunia fotografi karena suka dengan pemandangan, maka untuk memotret landscape anda membutuhkan lensa wide, atau fish eyes misalkan.

2. Merk apa yang bagus ? untuk masalah merk biasanya anda mendapatkan jawaban subjektif, tergantung pada siapa anda bertanya. Yang pasti, saya hanya bisa merekomendasikan dua produsen kamera. Canon dan Nikon, kenapa ? karena dua kamera ini mendominasi DSLR di seluruh dunia, sehingga aksesoris mudah didapatkan, teknisi banyak yang mengenali karakter DSLR ini, kalau ada kerusakan cukup mudah memperbaikinya. Apalagi jika anda mengikuti komunitas fotografi, paling tidak bisa tuker-tukeran lensa karena satu mouth lens.

3. Beli yang rekomendasi dimana ? saya tidak akan merekomendasi anda toko mana yang bagus dan murah, tapi untuk referensi anda bisa ke beberapa website toko kamera berikut :
  • JpcKemang.com
  • Kotarayaonline.com
  • Tokocamzone.com
  • Oktagon.co.id
  • Untuk yang second, coba cari di bursa.fotografer.net, pilih yang recomended seller ya.
4. Tips terakhir, jika anda baru dalam mengenal karakter DSLR, jangan malu-malu untuk minta bantuan senior dalam menentukan pilihan. Banyak tanya kepada para pengguna DSLR, dan jangan hanya satu merk saja, kalau bisa anda pinjam juga untuk mencoba. Semakin banyak referensi yang anda bisa dapat, akan semakin bagus dalam menentukan. Dan satu lagi, untuk referensi anda bisa ke www.dpreview.com. Semoga bermanfaat.

Yogi Wicaksono

Terbatas! hanya sampai 20 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Yogi Wicaksono

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==