Belajar Autocad : Menggunakan Modifikasi Tool AutoCAD 2012


Baik, seperti biasa kembali lagi dengan Suhendar Daenuri di kanal desain.ilmuwebsite.com pada sesi tutorial autocad. Pada tutorial autocad sesi kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai tool modifikasi yang ada pada AutoCAD 2012. Tool modifikasi ini baru tersedia di autocad 2012 ke atas. Apa sebetulnya Modification Tools ini? 

Saya meyakini kemungkinan besar sebagian pembaca sudah mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam penggunaan software yang satu ini. Tapi tidak mengapa saya akan tetap berbagi, karna mungkin bisa saja sebagian yang lain masih ada yang belum memahaminya. Betul tidak?


Langsung saja ya? 

Inilah tool modifikasi pada AutoCAD 2D




Disini kita lihat kumpulan tool modifikasi seperti Move, Copy, Strech, Scale, Trim, Fillet, Array. dll.  Namun tidak saya jelaskan semuanya. hanya beberapa saja yang berdasarkan pengalaman saat mengajar dikelas, menurut siswa sedikit susah untuk difahami langkah-langkahnya diantaranya.

1. Rotate (RO)

Rotate dengan Shortcut RO adalah tool modifikasi yang digunakan untuk memutar objek dengan kemiringan tertentu atau secara sembarang. 
misalkan saya mempunyai objek seperti dibawah ini, lalu objek ini akan saya putar 90 derajat. 

Langkahnya...

Blok objek yang akan dirotate atau diputar, Ketikan RO pada commandline [enter], tentukan titik pusat perputaran, tentukan berapa derajat objek akan kita putar, kali ini objek kita putar 90 derajat. 


2. Mirror (MI)

Mirror dengan Shortcut MI berfungsi untuk mencerminkan sekaligus bisa di Copy objeknya.
ini prinsipnya hampir sama dengan ketika kita bercermin. jarak antara kita ke cermin sama dengan jarak antara cermin ke bayangan kita. 

Blok objek yang akan kita Mirror, Ketikan MI pada commandline, tentukan jarak pencerminan objek.


Pada saat kita melakukan mirror objek, setelah menentukan titik pencerminan pertama dan kedua maka di commandline ada 2 pilihan yaitu Yes atau No.

Jika kita memilih Yes dengan mengetikan Y pada commandline, maka objek tidak sekaligus kita copy. Tetapi jika kita memilih No dengan mengetikan N pada commandline maka objek sekaligus di copy.

3. Trim (TR)

Trim dengan shortcut TR berfungsi untuk memotong / cutting suatu objek gambar yang bersinggungan.

Cara memotong  dengan satu garis.
Ketikan TR pada commandline [spasi],  tentukan garis pemotong [spasi], klik objek yang dipotong.


Cara mudahnya supaya semua garis dianggap pemotong atau berpotongan. 
Ketikan TR pada commandline tekan spasi 2x. setelah itu kita  tinggal menentukan garis yang akan dipotong saja.

4. Fillet (F)

Fillet dengan Shortcut F digunakan untuk membuat garis busur pada 2 segment yang berpotongan. 

Ketikan F pada commandline, klik kanan pilih Radius, masukan radius 5, klik segmen 1 lalu klik segment 2. Dan hasilnya seperti dibah ini. 


Fillet tidak hanya berlaku untuk jenis line seperti yang dicontohkan saja, tetapi bisa digunakan juga  untuk jenis polyline seperti Rectangle dsb.

Lebih jelasnya di pembahasan selanjutnya….  yakni mengenai "Cara membuat gambar paking mesin motor 2D"

Semoga Bermanfaat belajar autocad kali ini. Salam.

Suhendar Daenuri





Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

suhendar daenuri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==