Lebih Mudah Menggambar di AutoCad Dengan Toogle Buttons


Baik, kembali lagi dengan saya Suhendar Daenuri. Di tulisan yang berikutnya. Baiklah, sebelumnya kita telah membahas mengenai sistem koordinat pada autocad, yakni pembahasan Teknik Dasar menggambar di Autocad yang bisa Anda lihat terlebih dahulu ulasan lengkapnya di sini http://desain.ilmuwebsite.com/2014/08/teknik-dasar-menggambar-di-autocad.html.

Kali ini akan membahas mengenai Toggle Buttons pada autocad yang fungsinya ini sangat sering digunakan oleh drafter. membantu mempermudah dalam penggambaran, menggunakan autocad tentunya. 

Berikut adalah 8 toggle button yang digunakan untuk mempermudah kegiatan gambar menggambar menggunakan autocad.




1. Snape Mode (F9)

Digunakan untuk mendapatkan referensi visual, seperti ukuran benda dan untuk membatasi gerakan kursor.
Intinya ini membantu pergerakan kursor, saat kita menggeserkan kursor, kursor akan berhenti pada titik-tik grid saja.

Untuk lebih memahami silahkan di praktekan.

Langkah pertama aktifkan Snape Mode dengan cara klik buttons snape mode atau dengan shortcut tinggal tekan F9.  Snape mode yang aktif berwarna biru.

Setelah itu ketikan L pada commandline, tentukan titik pertama dan kedua penggambaran.
lalu buatlah seperti objek dibawah ini.



bagaimana?... lebih bisa difahami kan setelah mencobanya. 

2.     Grid Display (F7)

Untuk menampilan garis pada workspace 

3.     Ortho Mode (F8)

Digunakan untuk mengunci garis lurus horizontal maupun vertikal. 

4.     Polar Tracing (F10)

Polar tracing digunakan untuk mengunci setiap kelipatan sudut yang telah kita tentukan.

Untuk merubah sudut penguncian caranya klik kanan pada polar tracing dan pilih sudut yang kita inginkan. Kali ini saya akan mengunci kelipatan sudut 450

Jadi setiap kelipatan sudut 450    900 1350  dst. Garis akan mengunci.



Untuk menambahkan sudut penguncian sesuai dengan yang kita butuhkan. Caranya klik kanan pada Polar Tracking plih setting. Maka akan muncul display seperti dibawah ini.




Pilih New dan ketikan berapa derajat kelipatan sudut yang kita inginkan.

5.  Objek Snap (F3)

Untuk memudahkan menentukan posisi penggambaran objek sehingga gambar yang kita buat menempel pada objek lain. 


Untuk mengaktifkan semua snap. Klik kanan pada object snap dan pilih Setting. Lalu Select all Lalu OK. 


6.  Object Snap Tracking (F11)

digunakan untuk melakukan "tracking / pelacakan" dari titik acuan suatu objek misalkan: kita akan membuat lingkaran di titik tengah persegi panjang. 


Arahkan kursor ke No. 1 dan geser ke tengah, arahkan ke No. 2 geser ke bawah. lalu klik pada tanda X. Maka hasilnya seperti dibawah ini. Titik tengah lingkaran berada tepat di titik tengah persegi panjang. 


7.   Dynamic Input (F12)

untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tampilan dynamic input sperti panjang dan sudut.



1.       Dimensi / panjang garis kita bisa melihat panjang garis yang sedang kita buat
2.       Sudut kemiringan garis

8. Show / Hide Lineweigh

Untuk menampilkan dan menyembunyikan ketebalan garis.

Itu saja dulu yang saya tuliskan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya..

Hendar Daenuri




Terbatas! hanya sampai 25 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

suhendar daenuri

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==