Mengenal Mode Gambar Pada Adobe Flash


Baik. pada tutorial sebelumnya yang berjudul "Lebih Jauh Mengenal Interface Adobe Flash CS6" Anda sudah dikenalkan tentang gambaran besar area kerja atau workspace dari Adobe Flash.

Nah! Kaget kan? Sekarang Saya akan coba kenalkan kepada Anda mengenai mode gambar yang ada pada adobe flash. Karena memang di dalam adobe flash ini terdapat 2 jenis mode gambar yang dapat dibuat. Adapun mode gambar itu adalah shape dan yang satu lagi adalah object drawing.

Terus apa perbedaan antara kedua mode gambar tersebut ? Untuk itulah kita akan bahas secara detail perbedaan antara dua mode gambar tersebut. Tapi sebelumnya Saya akan jelaskan dulu bagian-bagian gambar yang ada pada Adobe Flash. Karena gambar pada Adobe Flash terdiri 2 bagian, ada yang disebut dengan Fill bagian dalam, ada juga yang disebut dengan Stroke atau Outline atau garis luar.

Bagian-bagian gambar pada Adobe Flash

Nah! selanjutnya kita bahas perbedaan antara gambar mode Shape dan Object Drawing.

Shape

Ciri dari gambar yang dibuat dengan mode shape diantaranya.
  • Gambar dengan mode shape antara Fill dan Stroke dia terpisah.
  • Jika ada 2 gambar atau lebih yang dibuat dengan mode Shape dimana gambar tersebut warnanya sama, lalu gambar itu digabungkan maka gambar tersebut akan bergabung menjadi satu objek gambar.
Gambar dengan mode shape dengan warna yang sama.

Gambar mode shape dengan warna yang sama ketika digabungkan
lalu kemudian diseleksi maka objek menjadi satu objek gambar
  • Jika ada 2 gambar atau lebih yang dibuat dengan mode Shape dimana gambar tersebut warnanya berbeda, lalu gambar itu digabungkan maka salah satu gambar akan terpotong.
Gambar dalam mode shape dengan warna yang berbeda

Gambar dalam mode shape ketika digabungkan

Gambar dalam mode shape dengan warna yang berbeda ketika sudah digabung,
kemudian pisahkan kembali. salah satu gambar jadi terpotong

  • Gambar dapat diseleksi sebagian saja.
Gambar diseleksi sebagian

Gambar diseleksi sebagian lalu diambil bagian seleksinya

Object Drawing

Ciri dari gambar yang dibuat dengan mode Object Dwaring adalah
  • Antara Stroke dengan Fill menjadi satu kesatuan.
  • Jika ada 2 gambar atau lebih yang dibuat dengan mode Object Drawing baik warnanya sama atau pun berbeda maka gambar tersebut tetap merupakan objek yang terpisah, jadi gambar tidak akan bergabung ataupun memotong satu sama lain.

Bagaimana cara mengetahui mode gambar ?

Anda jangan hawatir, itu sangat mudah. Jika anda ingin mengetahui mode gambar pada gambar yang ada pada stage anda cukup klik saja gambar tersebut kemudian anda lihat pada panel properties sebelah kanan, disitu pasti ada keterangan tentang mode gambar yang digunakan.

Gambar dengan mode shape

Gambar dengan mode object drawing


Terus, bagaimana cara membuat gambar dengan mode shape atau object drawing ?

Ok. untuk membuat gambar dengan mode shape ataupun object drawing caranya sangat mudah sekali.
caranya anda cukup pilih salah satu tool untuk menggambar lalu kemudian lihat dibagian bawah, ada tanda mode gambar, jika tanda mode object drawingnya aktif berarti gambar yang dibuat adalah object drawing, begitupun sebaliknya jika mode object drawingnya tidak aktif maka gambar yang  dibuat adalah shape.

Membuat gambar dengan mode shape

membuat gambar dengan mode object drawing

Dan perlu diketahui, jika anda misalkan mau membuat gambar dengan mode shape tetapi anda sudah terlanjur membuat gambar dengan mode object drawing, anda jangan khawatir gambar dengan mode object drawing dapat dirubah menjadi mode shape caranya anda tinggal pilih gambar tersebut lalu tekan Ctrl + B pada keyboard, atau dengan cara klik kanan pada objek gambar lalu anda pilih break apart, maka secara otomatis gambar akan berubah yang tadinya dalam mode object drawing berubah menjadi shape.

Merubah gambar mode object drawing menjadi shape

Nah! inilah penjelasan tentang mode gambar yang dapat dibuat dengan adobe flash.
Ok. mungkin sampai disini dulu untuk tutorial kali ini, dan silahkan tunggu untuk tutorial berikutnya
Terima kasih.

Tu bi kontinyu...
Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Adi L. Hadisaputra

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==