Lebih Jauh Mengenal Interface Adobe Flash CS6


interface flash
Maraknya tutorial di internet semakin memudahkan kita untuk mendapatkan ilmu, namun sayang seribu sayang kadang tutorial yang dimuat itu kurang lengkap, atau hanya sebatas membahas kasus cara membuat inilah... cara membuat itulah. pokoknya begitulah. Tidak dibahas secara detail, tapi kalaupun ada yang versi lengkapnya itu berasal dari luar negeri, dan tutorialnya biasanya berbahasa inggris. Maklum bagi saya yang kemampuan bahasa inggrisnya kurang begitu bagus agak sulit untuk memahaminya.

Nah! untuk itu Saya akan mencoba berbagi ilmu kepada Anda semua... Eit bukan berarti ilmu saya banyak tapi kita sama-sama belajar saja...

Sekarang langsung saja pada intinya...

Baik! di sini saya akan berbagi tutorial Adobe Flash. Kedepannya saya akan kupas tuntas..tas..tas mengenai Adobe Flash mulai dari dasar hingga expert, begitulah...

Apa Sih Adobe Flash ?

Adobe Flash merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah animasi 2D. Animasi yang bisa dibuat dengan adobe flash itu banyak sekali, Anda bisa membuat film animasi 2D, media pembelajaran, company profile, website berbasis flash, banner ads, bahkan anda juga dapat membuat game dengan menggunakan adobe flash ini.

Mengenal Interface dari Adobe Flash.

Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak tahu, kalau tidak kenal maka harus kenalan dulu, supaya tahu. Untuk mudah dalam mempelajari adobe flash tidak bisa dipungkiri Anda harus mengenal terlebih dahulu interfacenya, agar kedepannya mudah untuk memahaminya, dan betul-betul tahu fungsi-fungsi dari area kerja adobe flash itu sendiri.

Nah bisa anda lihat gambar di bawah ini adalah area kerja atau workspace pada adobe flash.

Workspace Adobe Flash CS6

baik saya akan jelaskan satu persatu bagian2 dari area kerja adobe flash itu sendiri

1. Stage

Stage


Stage merupakan area atau kampas yang dapat anda gunakan untuk menggambar, meletakkan objek yang digunakan dalam pembuatan animasi. 

2. Timeline

Timeline


Timeline merupakan area yang digunakan untuk mengontrol animasi, pada area ini terdapat 2 bagian yang disebelah kiri disebut layer, sedangkan yang dikanannya adalah area frame.

Layer area

Frame Area

Layer merupakan tempat untuk menyimpan satu kumpulan frame. Ada tiga jenis frame pada flash ada yang disebut keyframe, frame, ada blank keyframe. Keyframe adalah frame yang memiliki nilai cirinya keyframe adalah terdapat titik hitam pada framenya. Kemudian frame cirinya adalah terdapat kotak warna putih pada frame tersebut, sedangkan blank keyframe itu keyframe yang tidak memiliki nilai cirinya terdapat titik putih pada framenya.

3. Panel Properties

Panel properties merupakan tempat untuk mengatur objek-objek yang digunakan pada pembuatan animasi, baik mengatur warna, mengatur teks, ukuran, dsb. Tampilan panel properties ini akan berubah isinya sesuai dengan objek yang dipilih. Berikut adalah contohnya.

Dibawah ini adalah tampilan panel properties untuk pengaturan dokumen.

Panel Properties untuk Document


Kemudian dibawah ini adalah tampilan panel properties untuk pengaturan objek gambar(bitmap)

Panel Properties untuk objek Bitmap

4. Panel Library

Panel Library

Panel library merupakan tempat menyimpan aset-aset yang digunakan pada pembuatan animasi seperti gambar, suara, video, simbol dsb. Panel library ini letaknya ada disebelah panel properties.

5. Toolbox

Toolbox

Toolbox merupakan tempat kumpulan alat-alat yang nantinya anda gunakan untuk membuat animasi. Ada banyak tool atau alat yang dapat anda gunakan disini seperti untuk selecting(memilih objek), drawing(menggambar), coloring(mewarnai), ada untuk editing, dsb. toolbox ini letaknya ada di paling kanan.

6. Menu Bar


7. Other Panel


Other panel ini bukan istilah tapi sebutan yang saya buat, panel muncul secara otomatis pada saat anda membuka flash pertamakali. Panel ini dapat anda hilangkan atau anda tambahkan dengan cara memilih menu window yang ada di menu bar lalu tinggal anda pilih panel-panel yang akan anda tampilkan. Panel ini letaknya berada disebelah kanan panel properties.


Ok. inilah workspace atau area kerja dari Adobe Flash. mungkin sampai disini dulu tutorialnya, nantikan tutorial berikutnya...

Bersambung...

Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Adi L. Hadisaputra

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

3 komentar:

  1. website berbasis flash itu apa?

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

    Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di kumpulan tutorial-tutorial gratis

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==