Lebih Dalam Mengenal Fitur & Interface CorelDraw Bagian 1


belajar corel draw
Baiklah, sudah lama sekali tidak membahas perihal Desain menggunakan CorelDraw, tapi yang lalu-lalu saya merasakan banyak sekali kekurangan pada tutorial-tutorial sebelumnya.  Meskipun serba kekurangan, beberapa buku keluaran dari ElexMedia sempat memuat tutorial-tutorial tersebut. :).

Bagi Anda yang ingin membaca tutorial sebelumnya silahkan langsung masuk saja ke kanal tutorial Corel Draw di sini http://www.ilmuwebsite.com/pemula/belajar-desain-grafis/tutorial-coreldraw.

Bagaimana selanjutnya? Lah, jadi lupa dengan topik pembahasan. Baiklah, kali ini kita akan mengenal lebih jauh Fitur dan Interface (tampilan) CorelDraw. Saya akan coba jelaskan kehebatan CorelDraw dari segi fitur-fiturnya. Bahkan beberapa orang yang saya kenal begitu fanatik dengan coreldraw sampai-sampai mengatakan "Dengan CorelDraw kita bisa bikin desain Apapun". Oyeh? Memang ada benarnya sih. Bahkan percetakan-percetakan pun pada akhirnya menggunakan CorelDraw sebelum masuk ke dalam proses printing. Banyaklah kegunaan CorelDraw dalam keperluan percetakan.

Pada pembahasan kali ini kita akan kupas bagian-bagian dari coreldraw secara global, dan kedepannya kita akan bahas secara rinci satu-persatu fitur-fitur CorelDraw, setelah baru itu kita akan bahas kasus-kasusnya. Pantau terus di ilmuwebsite.com.

Corel Draw, Interface Keseluruhan, berikut adalah tampilan keseluruhan dari coreldraw. Silahkan di klik gambarnya untuk melihat versi besarnya.



CorelDraw adalah aplikasi desain yang kerapkali digunakan oleh orang-orang yang dekat dengan dunia percetakan. Adapun Adobe Illustrator, Photoshop dan lain-lain sangat menunjang sekali jika di padukan dengan CorelDraw. Meskipun belakangan orang-orang saat ini kecendrungannya lebih menyukai aplikasi Adobe Illustrator, karena sangat cocok sekali dalam membuat Desain yang sangat sedap dan enak di pandang, khususnya di dunia Website dan Sosial Media.

Berikut adalah penjelasan dari fitur-fitur CorelDraw yang seringkali digunakan oleh para desainer.

Tool Box

Tool Box adalah suatu kotak atau alat yang memiliki fungsi untuk menggambar, modifikasi objek, memberi warna, menulis teks. Tool Box memiliki beberapa fungsi di satu kotak atau tempat yang sama, jika ingin membuka atau mempergunakan fungi lain maka silahkan klik tanda segitiga kecil di pojok kanan bawah salah satu tool box.

Tool Bar

Top Bar merupakan sekumpulan tombol shortcut yang memiliki fungsi untuk menjalankan perintah dengan cepat. ShortCut. Ini adalah bagian yang paling sering digunakan oleh desainer grafis dalam melakukan sesuatu. CorelDraw memberikan fitur dalam toolbar yang powerfull namun mudah sekali digunakan.

Menu Bar

Menubar berisi tombol-tombol text yang memiliki banyak sekali fungsi yang berbeda sesuai dengan namanya masing-masing. Desainer pun sering menggunakan fasilitas ini biasanya dalam memberikan suatu effect berhubungan dengan vector dan bitmap.

Property Bar

Property Bar berisi sekumpulan tombol yang isinya itu menyesuaikan dengan tools yang sedang kita pilih di dalam tool box. Untuk lebih jelasnya kita akan pelajari lebih detil dipertemuan yang akan datang.

Docker

Docker merupakan kotak dialog yang di dalamnya berisi berbagai tombol perintah untuk mengatur, memberi effect kepada sebuah objek maupun teks.

Rulers

Rulers merupakan alat ukur berupa penggaris dibagian atas dari drawing page, dan di bagian kanan drawing page, rullers digunakan sebagai acuan yang mampu menunjukkan ukuran suatu objek atau dokumen, serta tata letak suatu desain.

Status Bar

Status Bar terletak dibagian bagian bawah area program sebelah kanan. Status Bar berisi informasi mengenai objek (teks) seperti ukuran, bentuk, warna, outline, format gambar, jenis huruf beserta  ukurannya. Anda bisa melakukan perubahan terkait bentuk, warna, outline dan format gambar menggunakan status bar ini.

Drawing Page

Drawing Page adalah adalah sebuah area kerja utama di dalam Corel Draw di mana Anda dapat mendesain suatu objek di dalamnya dan merupakan area cetak suatu desain.

Color Palette

Color Palette bagian dari CorelDraw yang berisi koleksi warna di dalam sebuah bar dan secara default/bawaan terletak di sebelah kanan dokumen / program.

Di pertemuan yang akan datang, kita akan bahas satu persatu fitur dari toolbox disertai dengan contoh kasusnya. Semoga bermanfaat.
Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==