Lebih Dalam Mengenai Layer di Photoshop


Okeeee….kemarin setelah kita membahas interface pada Photoshop (silahkan klik untuk http://desain.ilmuwebsite.com/2014/08/mengenal-interface-adobe-photosop-cs-x.html melihat tutorial sebelumnya), sedikit banyaknya semoga Anda sekalian bisa mendapatkan manfaatnya, sesuai janji saya untuk melanjutkan pertemuan photosop ini.Langsung saja kita mulai membahas fungsi dan pengertian layer pada Adobe Photoshop.

Layer? Lebih Jelasnya...

Layer yaitu lapisan/kanvas yang  gunanya sebagai tempat objek , jadi di setiap dokumen yang kita buat bisa terdiri dari beberapa layer. Disini system layer tersebut tersusun secara bertumpuk di bagian palet layer yang ada di pojok kanan bawah. Bisa Anda liat di bawah penjelasan ini gambar dari susunan layer tersebut. Dan di setiap layer yang kita buat bisa kita edit seperti pemberian efek- efek manipulasi. Selain itu Anda juga bisa merubah susunan layer-layer tersebut sesuai apa yang diinginkan. Artinya dari beberapa layer tersebut ditumpuk/disatukan sehingga terlihat menjadi sebuah objek atau gambar.

Nahhhh…sebelum membahas fungsi dari layer tersebut, mari kita lihat gambar di bawah ini. Desain gambar saya buat menggunakan photoshop dengan beberapa layer yang sudah saya susun. Kira-kira ini ada berapa layer yah yang saya gunakan….???? Coba jawaabb…!!!

Dan gambar di bawah ini yang akan menjawab pertanyaan yang di atas tadi, jrrrrreeeeenngggg
Coba di perhatikan ya..



Mungkin gambar di atas akan lebih mudah dimengerti tentang penjelasan susunan layer-layer tersebut. selanjutnya kita lanjut ke fungsi layer pada photoshop. Dan sudah saya sediakan gambar tampilan layer yang di tandai dengan kotak merah dan di beri angka. Cekidott



Fungsi Layer pada Photoshop

1.     Blending Options

Untuk mengatur proses yang terjadi pada pixel-pixel layer terhadap layer yang ada posisinya berada di bawahnya.

2. Eye Ball/Visibility

Pengaturan tampil atau tidaknya sebuah layer yang Anda buat. Jika di klik icon dari eye ball tersebut maka layer tersebut tidak tampil,begitu juga sebaliknya jika kita klik kembali icon tersebut maka layer akan tampil kembali.

3.     Opaciy & fill

Pengaturan transparasi pada layer. Semakin kecil presentasinya maka layer akan semakin transparasi

4.     Layer selection

Layer ini di tandai dengan adanya warna biru pada layer tersebut. Artinya layer itu sudah aktif dan bisa untuk di edit.

5.     Tombol Manipulasi

Terdapat tombol mulai dari kiri seperti,  link,layer style,add mask,new adjustmaent layer,layer group,new layer,dan delete layer. Dan dari setiap fungsinya berbeda-beda.

6.     Lock layer

Menunjukkan bahwa layer ini dalam kondisi terkunci, dan untuk membuka kunci tersebut cukup melakukan klik 2 kali pada icon gembok tersebut

Sekian pembahasan layer dan fungsinya, sampai di sini pembelajaran kita saat ini. Tunggu pembahasan adobe photoshop berikutnya,semoga bermanfaat. Terimakasih. See you ...

Terbatas! hanya sampai 20 Mei 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

yanyan irawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==