Tutorial Teknik Shapping Di CorelDRAW


CorelDRAW, memang tidak ada habisnya jika membicarakan aplikasi desain yang satu ini.

Setelah kemarin saya mengenalkan fitur barunya kepada teman-teman dan kita juga sudah mencicipi salah satu fitur barunya. 

Nah kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk mencoba fitur shapping di dalam CorelDRAW. Fungsi ini sering digunakan untuk memanipulasi objek. 

Tidak hanya di X7, versi versi lawas CorelDRAW juga telah menyediakan fitur ini. Jadi anda bisa mencobanya di CorelDRAW versi berapapun.

Ada 7 fungsi shapping yang tersedia di dalam CorelDRAW , yakni 
  1. Weld
  2. Trim
  3. Intersect
  4. Simplify
  5. Front Minus Back
  6. Back Minus Front
  7. Create Boundary
Wah banyak juga yah ? tenang, semuanya mudah ko. Karena pada dasarnya prinsip penggunaannya adalah sama saja. Oke sekarang kita kupas satu persatu fungsi-fungsi tersebut.

1. Weld

Weld berfungsi untuk melebur dua buah objek atau lebih manjadi satu objek utuh yang tidak akan bisa dipisahkan lagi, Syarat penggunaannya anda harus membuat terlebih dahulu 2 buah objek atau lebih. Seperti gambar di bawah ini :


Buat dua buah gambar kemudian gabungkan dan seleksi kedua buah gambar tersebut. Kemudian pada pada bagian property bar akan muncul 7 option dari fungsi shapping tersebut, setelah itu klik pada bagian weld (pertama dari kiri) dan beginilah hasil perbuatan anda barusan

Gambar tersebut melebur menjadi satu dan tentunya tidak akan bisa dipisahkan lagi.

2. Trim

Kalau weld berfungsi untuk melebur objek menjadi satu, fungsi dari Trim adalah untuk mengiris objek menggunakan objek lainnya. Prinsip penggunaannya sama, anda harus memiliki dua buah objek kemudian gabungkan dan seleksi keduanya seperti pada weld kemudian pada property bar klik Trim (kedua dari kiri setelah weld) dan beginilah hasilnya.


3. Intersect

Anda sudah bisa melebur dua buah objek menggunakan Weld, dan mengiris objek menggunakan objek lainnya dengan Trim. Intersect memungkinkan anda untuk membuat objek baru dari pertemuan dua buah objek. Yah begitulah fungsinya. Untuk penggunaanya sama dengan Weld dan Trim.


4. Simplify

Fungsi dari simplify ini mirip dengan Trim, namun dengan simplify anda bisa mengiris objek dengan lebih banyak lagi dan menghasilkan objek baru dengan dari pertemuan objeknya. Berikut adalah ilustrasinya.


5. Front Minus Back

Serupa namun tak sama, yah begitulah fungsi Front Minus Back bila dibandingkan dengan Trim, Front Minus Back akan memotong objek dengan objek lain yang berada diatasnya namun objek pemotong yakni yang berada dibawahnya akan secara otomotas menghilang entah kemana. Berkut ilustrasinya


6. Back Minus Front

Fungsi sama sama seperti front minus back namun kebalikannya. Begini ilustrasinya :


7. Create Boundary

Fungsi ini merupakan kombinasi dari Weld dan Intersect, yah dengan fungsi ini CorelDRAW akan melebur dua buah atau lebih objek yang terseleksi kemudian membentuk objek baru namun tanpa warna. Begini ilustrasinya :



Dengan mengetahui teknik ini anda bisa mengaplikasikannya kedalam desain anda secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda sehingga anda bisa lebih mengembangkan desain anda.

Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan mengenai fungsi shapping dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana
Ilmuwebsite.com


Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==