Belajar Adobe InDesign : Mengupas Tuntas Halaman Kerja Adobe InDesign


Assalamualaikum, melanjutkan artikel beberapa waktu lalu, kali ini saya akan mencoba mengupas halaman kerja Adobe InDesign, semuanya akan kita kupas secara tajam.

Lingkungan kerja Adobe Indesign CS3 sendiri sangat user friendly karena tidak jauh berbeda dengan produk-produk Adobe lainnnya seperti Adobe Photoshop ataupun Ilustrator.

Jadi, jika anda telah terbiasa dengan Adobe Photoshop maka untuk move on ke Adobe Indesign akan lebih mudah.

Berikut adalah lembar kerja Adobe Indesign CS3 beserta bagian-bagiannya


Menu Bar

Menu bar merupakan bagian dari lingkungan kerja yang berisi menu-menu pengaturan, setiap menu memiliki sejumlah submenu lagi yang mempunyai fungsi pengaturan sendiri . Menu  yang terdapat pada Adobe Indesign CS3 adalah File, Edit, Layout, Type, Notes, Object, Table View, Window dan Help

Toolbar

Toolbar adalah bagian dari lingkungan kerja yang aktif sesuai pengaturan atau tool yang sedang aktif. Toolbar berisi berbagai parameter pengaturan yang memungkinkan anda menentukan nilai pada kotak isian atau menggunakan tombol drop down berikut ini contoh tampilan toolbar pada Adobe Indesign CS3

ToolBox

Toolbox merupakan salah satu bagian dari lingkungan kerja Adobe Indesign CS3 yang dimana di dalamnya terdapat sekumpulan ikon ikon dari tools yang ada di Adobe Indesign CS3. Seperti halnya Adobe Photoshop, tools di dalam Adobe Indesign CS3 ini juga dikelompokan sesuai fungsi dan kegunaannya masing-masing. Terdapat beberapa tool yang memiliki subtools di dalamnya, tools yang memiliki sub tools sendiri ditandai dengan panah kecil berwarna hitam (     ) di pojok kanan bawah tools. 

Panel

Panel terletak pada sebelah kanan lingkungan kerja Adobe Indesign CS3. Panel di Adobe Indesign CS3 berisikan fasilitas pengaturan yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Anda dapat dengan mudah menampilkan panel-panel tersebut hanya dengan mengklik nama pada panel tersebut. Berikut adalah tampilan panel pada Adobe Indesign CS3:


Status Bar

Pada status bar Adobe Indesign CS3 terdapat tombol navigasi yang menunujukan posisi halaman kerja. Status bar terdapat pada bagian bawah lingkungan kerja Adobe Indesign CS3. Berikut adalah tampilan statu bar :


Adobe tau betul bagaimana membuat sebuah user interface yang user friendly, sehingga aplikasi seperti Adobe InDesign juga sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dikuasai. Gimana ? udah makin tau kan tentang Adobe InDesign, kedepannya kita akan mengupas lebih dalam lagi mengenai ToolBox dan akan dibahas tiap-tiap fungsi dari toolbox tersebut.  Semoga Bermanfaat.

Irfan Maulana
ilmuwebsite.com

Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==