Facebook Ilmuwebsite

Belajar Adobe InDesign : Lebih Detil Lagi Mengupas Lembar Kerja

Hello hello sahabat sekalian saya, para pembelajar yang haus akan ilmu, semoga kita semua senantiasa mendapat manfaat dari apa yang kita pelajari, amin. 

Setelah kemarin membahas tuntas mengenai master page , pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan pembahasan yang lebih rinci mengenai pengaturan halaman yang ada di Adobe InDesign.

Pengaturan halaman di dalam Adobe InDesign merupakan hal yang wajib diketahui oleh seorang layouter, kenapa ? yah karena di dalam sebuah halaman lah anda seorang layouter akan membuat layout.

Di dalam Adobe InDesign pengaturan halaman merupakan hal yang tidaklah sulit untuk dilakukan. Bagaimana cara menambahkan halaman, mengurangi halaman dan lain sebagainya yang berhubungan dengan halaman di dalam Adobe InDesign akan bersama-sama kita bahas pada artikel ini, Check this out..

Menambahkan Halaman

Untuk menambahkan halaman di dalam Adobe InDesign anda dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut, silahkan anda sesuaikan saja mana yang menurut anda paling nyaman.

Cara Pertama

Aktifkan halaman dengan klik ikon halaman pada panel pages, kemudian klik ikon Create New Page, kemudian halaman baru akan muncul

Cara Kedua

Klik dan drag salah satu ikon halaman menuju icon Create New Page, dengan demikian halaman barupun akan muncul ada urutan halaman yang terakhir (bagian paling bawah)

Cara Ketiga

Klik ikon menu pada panel pages, setelah itu anda bisa memilih opsi Insert Pages sehingga nantinya akan muncul kotak dialog Insert Page. Anda bisa menentukan jumlah halaman yang akan ditambahkan ada opsi Pages, anda juga bisa menentukan posisi dimana halaman akan ditambahkan pada opsi insert, selain itu anda juga bisa memilih halaman master yang ingin anda pasang pada halaman yang akan dibuat.


Mengurangi Halaman

Sudah bisa menambah halaman baru bukan ? Nah sekarng anda bisa memulai untuk menghapus halaman. Tidak jauh berbeda dengan menambahkan halaman, anda juga bisa mengurangi halaman dengan beberapa cara.

Cara Pertama

Klik kanan ikon halaman yang akan dihaus dan kemudian pilih Delete Page

Cara Kedua

Klik ikon halaman yang akan dihapus lalu klik ikon Delete Selected Page

Cara Ketiga

Anda bisa menghapus halaman dengan cara klik menu Layout->Pages->Delete Pages, kemudian setelah itu sebuah kotak dialog akan muncul, setelah itu silahkan anda masukan halaman nomor berapa yang ingin anda hapus.


Menggeser Halaman

Menggeser halaman disini maksudnya adalah memindahkan posisi halaman. Misallnya dari bawah ke atas ataupun sebaliknya. Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menggeser halaman.

Cara Pertama

Klik kanan ikon halaman yang ingin anda geser, setelah itu anda bisa memilih Move Pages yang nantinya akan memunculkan sebuah kotak dialog. Siahkan anda  masukan tujuan pemindahan halaman pada pilihan Destionation dan klik Ok

Mengubah Margin dan Kolom

Setelah membuat dokumen yang sudah anda setting sebelumnya, tetnunya anda masih bisa merubah settingan tersebut sewaktu-waktu jika memang diperlukan. Anda bisa mengubah pengaturan Margin dan Kolom dengan cara klik menu Layout-> Margins And Columns. Setelah itu anda bisa memasukan nilai pengaturan margin dan kolom sesuai dengan kebutuhan anda.


Mengatur Ruler, Grid dan Guideline

Fasilitas seperti ruler, grid dan guideline tentunya akan membantu anda untuk membuat layout yang presisi. Anda dapat memunculkan fasilitas tersebut dengan cara klik menu View->Show Ruler/Hide Ruler untuk memunculkan ruler, sementara untuk memunculkan Grids dan Guideline anda bisa melakukannya dengan cara mengklik menu View-> Grids & Guides -> Show/Hide Baseline Guideline.  Mudah bukan ?

Dengan mengetahui pengaturan pengaturan halaman seperti ini tentunya akan mempermudah anda untuk melakukan pengaturan halaman yang lebih kompleks lagi tentunya. Kiranya ini yang dapat saya sampaikan mengenai halaman di dalam Adobe InDesign, semoga bermanfaat.

Irfan Maulana

Posting Komentar

0 Komentar