Belajar Adobe InDesign : Bermain Dengan Master Page


Assalamualaikum, semoga dihari yang berbahagia ini anda diberikan kesehatan dan semgangat untuk terus belajar dan mendapat pencapaian yag lebih baik lagi, amin. 

Masih melanjutkan aritkel sebelumnya mengenai Adobe InDesign.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai master page (apa ? master page ? master = ahli, page= kertas, ahli kertas,
Apa itu master page ? bagaimana cara membuat serta mengolahnya ? Check this out .

Halaman Master, Apa sih ?

Halaman master (master page) merupakan halaman induk di dalam Adobe Indesign yang nantinya dapat diterapkan pada halaman halaman lainnya sehingga dapat diperoleh bentuk yang seragam secara cepat. Tentunya ini sangat memudahkan jika kita ingin membuat desain yang konsisten. Pada bagian ini anda akan memulai bekerja dengan halaman master. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui dalam penggunaan halaman master akan dibahas pada pembahasan selanjutnya. Nah kira kira seperti itulah penjelasannya , sama seperti dalam CSS dalam pemrograman web. 

new pada panel pages, kemudian pilih new master sehingga muncul kotak dialog seperti berikut :



Pada kotak dialog tersebut anda bisa melihat beberapa settingan seperti prefix, name dan lain sebagainya. Berikut adalah maksud dari beberapa pengaturan tersebut.
  • Prefix, untuk member identitas atau penanda pada halaman master
  • Name, Untuk nama halaman master
  • Based on master, untuk memilih dasar halaman master dari halaman lain
  • Number of page, jumlah halaman master.

Nah setelah anda klik Ok, maka akan muncul sebuah halaman master baru pada panel pages seperti gambar dibawah ini 


Dengan begitu anda sudah bisa membuat halaman master baru di Adobe InDesign, selamat yah :)

Menggunakan Halaman Master

Setelah dibuat, tentunya kita akan menggunakan halaman master kita untuk diterapkan pada halaman-halaman lainnya seperti tujuan kita sebelumnya. Penggunaan halaman master ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut :
  • Jika anda akan menerapkan halaman master hanya pada salah satu halaman, anda bisa mengklik dan mendrag ikon halaman master menuju ikon halaman yang dimaksud.

  • Jika anda ingin menerapkan halaman master ke dalam spread, klik dan drag ikon halaman master menuju ikon spread sehingga tampak garis tepi berwarna hitan pada stpread yang dituju setelah itu lepaskan.
 
  • Cara lainnya adalah klik kanan ikon halaman master, kemudian pilih Apply Master to Pages sehingga nantinya muncul kotak dialog Apply Master. Isikan momor halaman mana saja yang ingin diterapkan halaman master. Pisahkan angka halaman dengan tanda koma.


 Begitulah penerapan halaman master di dalam Adobe InDesign, mudah bukan ?

Mengedit Halaman Master

Sewaktu-waktu anda mungkin menemukan revisi terhadap halaman master yang telah anda buat sebelumnya. Di dalam Adobe InDesign, mengubah ubah halaman master merupakan hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Dengan mengubah halaman master, tentunya secara otomatis juga akan mengubah halaman lain yang telah terpasang master tersebut, jadi anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk mengubah satu persatu halaman lagi untuk pembaruan halaman master tersebut. Untuk dapat mengedit halaman master , missal disini yang akan diubah adalah master a. Klik kanan ikon halaman master pada panel pages kemudian pilih Master Option For “A-Master” sehingga nantinya muncul kotak dialog Master Option. Di dalam kotak dialog inilah anda dapat mengubah opsi-opsi sesuai dengan keinginan anda.

Menghapus Halaman Master

Jika memang sudah tidak dibutuhkan lagi, anda bisa menghapus halaman master yang telah dibuat. Daripada menumpuk-numpuk memori hanya akan mempererat proses loadnya. Di dalam Adobe InDesign, menghapus halaman master itu sendiri dibagi menjadi dua, yakni menghapus penerapannya pada halaman lain atau menghapus halaman master itu sendiri.
  • Untuk dapat menghapus penerapan halaman master pada halaman yang lainnya, anda dapat mengklik ikon  pada panel pages lalu pilih None pada pilihan Apply Master, dan setelah itu ketikan nomor halaman yang ingin hapuskan penerapannya pada kolom To Pages.
 
  • Untuk menghapus halaman master itu sendiri, klik kanan label halaman master (misalnya B-Master) pada panel Pages, lalu pilih Delete Master Spread “B-Master” sehingga akan muncul Confirm Box. Jika anda yakin menghapusnya maka klik Ok.



Nah, jadi dengan halaman master anda dipermudah oleh Adobe InDesign untuk membuat layout yang konsisten tanpa harus merubah satu persatu halaman lainnya. 

Kiranya ini saja yang dapat saya jelaskan mengenai halaman master, demikian dan semoga bermanfaat.

Terbatas! hanya sampai 30 November 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==