6 Langkah Mudah Membuat Efek Silhouette atau Siluet di Photoshop


Assalamualaikum wr.wb. Halo haloo..  kali ini saya akan kembali berbagi tutorial photoshop, untuk yang ke sekian kalinya.

Hari ini kita akan mempraktekan dengan photoshop, bagaimana cara membuat efek silhoutte, tanpa harus maksain diri untuk memotret objek dengan latar belakangnya sinar matahari. Pastinya efek ini akan seperti aslinya nanti.

Tutorial kali ini bisa di bilang sangat mudah. Namun perlu Anda perhatikan, Anda wajib memiliki bahan seperti yang akan saya gunakan pada artikel membuat efek silhouette ini yaitu pertama bahan image pendaki gnung yang akan saya jadikan silhouette, kedua image pemandangan yang akan saya jadikan background untuk silhouette nantinya.

Tak usah berlama-lama yuukk langsung saja kita kemon...

Langkah 1

Anda buka image yang mempunyai objek yang akan anda jadikan silhouette ke menu file – open(CTRL+O).





Langkah 2


Lalu anda mulai dengan menyeleksi objek dengan menggunakan polygonal lasso tool



Cara menggunakan polygonal lasso dengan cara klik bagian yang akan diseleksi, kemudian di lepas lalu klik kembali ke bagaian seleksi selanjutnya lakukan secara perlahan dan bertahap.



Pada gambar dibwah ini contoh objek yang sudah terseleksi tadi.




Langkah 3

Garis selesksi jangan dihilangkan terlebih dahulu, selanjutnya anda duplikat layer background dengan menekan CTRL+J pada keyboard anda. Setelah duplikat berhasil lalu klik icon mata pada bagian layer background. Kemudian disitu seleksi akan hilang, munculkan kembali garis seleksi dengan cara tekan CTRL lalu klik kiri pada jendela bagian layer 1 dan garis seleksi akan muncul kembali.





Langkah 4

Pada palet warna atur menjadi warna hitam. Kemudian tekan alt+backspace untuk mewarnai objek yang terseleksi.





Langkah 5

Buka kembali image bahan yang akan dijadikan sebagai background, agar lebih terkesan anda gunakan image pemandangan sunset seperti yang saya gunakan.





Langkah 6

Dengan menggunakan move tool drag/tarik objek silhouette ke dalam image pemandangan yang sudah anda buka barusan.



Langkah 7
Setelah berhasil, disini dikarenakan objek membelakangi matahari maka akan saya puter agar menghadap ke matahari. Pada layer objek silhouette tekan CTRL+T untuk transform, kemudian klik kanan pada objek yang di transform lalu pilih flip horizontal.




Nah kurang lebih hasilnya akan menjadi seperti ini. Okkk sekian artikel dari saya semoga anda bisa megerti dan paham. Jangan lupa ya tetap terus belajar dengan rajin. Terimkasih.




Yan Yan Irawan
Ilmuwebsite.com
Terbatas! hanya sampai 30 September 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

yanyan irawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==