Belajar Fotografi : Pengenalan Slow Speed Picture


Salam, selamat datang kembali di artikel pembahasan belajar fotografi. Untuk melihat artikel belajar fotografi yang lain silahkan langsung saja masuk ke menu fotografi http://desain.ilmuwebsite.com/search/label/Fotografi. Kali ini kita akan belajar lebih mendalam secara apa itu slow speed dan bagaimana penerapannya.

Teknik fotografi slow speed merupakan teknik fotogafi yang mengandalkan kecepatan rendah, itu artinya menggunakan shutter speed rendah. Berapa standar rendah sebuah slow speed ?

Slow speed berada di kecepatan standar stabil ketika disandingkan dengan flash, biasanya di angka 1/60 sampai 1/125. Itu artinya 1/30, 1/20, 1/10, 1/5, 1/4, 1/3, 1/2, 1/1, 1, 2, 3, 5, 10, 15, 30 hingga penggunaan BULB pun menjadi teknik slow speed. BULB adalah posisi dimana shutter speed bergantung pada berapa lama kita menekan / klik shutter release.

Apa saja yang bisa di foto menggunakan teknik slow speed ini ?

1.  Lukisan Cahaya / Light Painting

Lukisan cahaya adalah sebuah teknik menangkap gerakan cahaya, sementara sekitar gerakan cahaya dalam keadaan gelap atau minus cahaya. Media yang digunakan untuk menghasilkan cahaya bisa handphone, atau lampu LED. Untuk lukisan cahaya speed yang digunakan bergantung seberapa lama sang pelukis melukis cahanya, selama ada aktivitas melukis maka selama itu juga waktu yang dibutuhkan untuk rana tetap terbuka. Jadi untuk amannya, memotret lukisan cahaya ini menggunakan BULB.


2.  Traffic Trails

Anda pernah sebuah foto yang menampilkan barisan cahaya yang dihasilkan dari cahaya mobil yang bergerak cepat, sehingga barisan cahaya tersebut nyambung sehingga menghasilkan sebuah laser berwarna merah atau kuning ? foto tersebut dinamakan Traffic Trails dalam dunia fotografi. Foto ini juga menggunakan teknik slow speed.


3.  Landscape Slow Speed

Lantas apakah teknik slow speed hanya bisa dilakukan ketika keadaan background dan foreground minim cahaya seperti malam hari ?. Tidak ? dengan menggunakan filter ND atau Neutral Density. Filter yang dapat meredam cahaya sehingga lensa mendapatkan cahaya minim walau pemotretan dilakukan di siang hari. 


Filter ND memiliki tingkat kedalaman gelap yang berbeda-beda jenisnya, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi cahaya sinar matahari yang ada. Filter inilah yang membantu banyak seorang fotografer dalam memotret landscape slow speed, karena dengan teknik slow speed, foto landscape dengan komponen semisal air, awan dapat direkam dengan sangat menarik dan cantik pergerakannya.


Masih banyak sekali yang bisa dilakukan dengan slow speed pada fotografi, hanya saja tiga diatas merupakan teknik menghasilkan foto artistik yang banyak digemari oleh fotografer. Selamat mencoba.

Yogi Wicaksono





Terbatas! hanya sampai 30 September 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Yogi Wicaksono

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==