Membuat Text Effect Menggunakan Inner Glow Photoshop


Salam, lagi-lagi saya ingin berbagi ilmu kepada Anda. Karena rasanya tidak “afdol” jika kemarin hanya membahas interface dari Photoshop saja. Saya yakin Anda sudah paham dengan tutorial panduan yang saya tulis sebelumnya. Nahhh.. kali ini Saya akan memberikan sebuah tutorial sederhana yakni “Membuat Efect Pada Teks Menggunakan Inner Glow Photoshop”. Di sini akan kita bahas bagaimana cara Anda menambahkan efect dengan cara memanfaatkan effect-effec yang tersedia di FX Layer Style.

Sebelum kita melanjutkan kepada pembahasan utamanya. Di bawah ini saya perlihatkan dahulu hasil akhir dari tutorial yang akan kita buat.



Langkah 1
Oke tadi sudah kita lihat hasil akhirnya, sekarang kita langsung ke langkah pertama. Buka Software Adobe Photoshop anda,  selanjutnya kita pergi ke menu bar dan pilih menu file – new (Ctrl + N) kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini, lalu anda atur parameternya sama seperti gambar di bawah.
 

Langkah 2
Setelah kita atur, kemudian akan muncul sebuah dokumen baru yang tadi sudah kita atur sebelumnya, selanjutnya kita pergi ke palet warna yang ada di toolbox pojok kiri bawah,nah disitu anda bisa mengatur warna yang anda inginkan dengan cara meng klik 2x pada palet warna tersebut. Lalu atur warna untuk foreground #02340a dan background #019320



Langkah 3
Oke jika sudah fix warna tersebut yang akan kita pakai, kita bisa melanjutkan ke menu gradient yang ada di toolbox, bias dilihat gambar icon gradient tersebut di bawah !!!! setelah itu diklik icon gradient  tersebut, bahwa tool yang akan kita pakai sudah aktif.



Langkah 4
Masih dalam keadaan aktif pada gradient tool, lalu pada kita klik tahan lalu drag  dari tengah ke atas pada area kerja. Coba ikuti panduan seperti gambar dibawah ini.



Langkah 5
Kita mulai dengan memberiakn text didalam area kerja. Klik icon text jiga kita akan mengaktifkannya.



Langkah 6
Setelah itu anda bisa langsung menuliskan sesuatu apa saja yang akan tulis, contoh saya tulis ilmu website menggunakan font standar “Rockwell” ukuran/size 137 pt. Dan berikan warna putih di option bar pada text tersebut.



Langkah 7
Kita lihat ke panel layer ada di bawah pojok kanan, coba di lihat pada gambar di bawah, disitu terlihat bahwa pada layer text berwarna biru, artinya layer tersebut sudah aktif dan bisa diedit. Di usahakan layer text  anda juga sudah aktif.



Langkah 8
Jika sudah aktif sekarang kita mulai memberikan efek pada text tersebut pertama anda pergi ke layer – layer style – blending option, lalu ceklis pada menu drop shadow dan dalam keadaan aktif  berwarna biru,  setelah itu atur parameternya. Ikuti seperti gambar di bawah.



Langkah 9
Atur juga parameter pada inner glow, sebelumnya  harus diceklis dahulu dan keadaan aktif.


Langkah 10
Dan terakhir pemberian efek stroke pada text ilmuwebsite. Dan atur kembali seperti gambar



Okee.. sebelum saya akhiri semoga tutorial yang saya berikan banyak bernmanfaat untuk anda, sekian dulu tutorial ini, tunggu tutorial/artikel photoshop selanjutnya. See you…

Salam

Yan Yan Irawan


Terbatas! hanya sampai 25 Juli 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

yanyan irawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==