Yuk Mulai Belajar Desain Grafis?! Untuk Pemula Bag. 1.


Ada yang tau apa itu desain grafis? Mungkin pernah dengar tapi kurang begitu memahami artinya kali yaa, ekilas Anda mengetahui kalau desain grafis itu identik dengan menggambar kartun, melukis pemandangan dll.

Sebetulnya tidak begitu juga, nah Jadi secara umum desain grafis adalah bentuk yang dapat mengkomunikasikan atau menyampaikan informasi atau pesan yang biasanya menggunakan media gambar atau tulisan.

Ada contohnya gak ? Buaannyaaakk sekali contohnya seperti, brosur, kartu nama, banner, flyer, packaging dsb. Nah itu semua contoh media yang sebagaimana dipakai oleh corporate atau industry kreatif untuk mengkomunikasikan identitasnya.

Apa yang harus Anda pelajari??

Selain teori dalam desain anda juga perlu mengetahui tools (software/aplikasi desain). Tidak terlepas dari itu ide atau inspirasi pun harus sesuai, karna tidak jarang banyak orang yang menguasai tools namun mereka mentok pada ide nya alias udah kebingungan sendiri. Naaahh Untuk pemula yang senang sekali dengan seni desain grafis, jadi di zaman sekarang ini di era yang serba digital dan praktis. Anda bisa banyak sekali mencari sumber atau media untuk belajar desain grafis di internet dengan mudah. Bisa juga belajar sendiri/otodidak. 

Lalu toolsnya apa?
Untuk tools dalam desain atau software desain grafis anda bisa memulai dengan software yang banyak populer digunakan oleh para designer. Berikut software atau aplikasi yang biasa digunakan dalam desain grafis oleh professional :

Adobe Photoshop
Software ini sudah menjadi standar dalam industri desain grafis. Banyak sekali para desainer grafis membuat karya-karya editing dan manipulasi foto dengan menggunakan software ini. Seperti mengganti background, menambahkan efek-efek, membuat desain web, gambar 3D, dan masih banyak lagi.

CorelDraw
Software grafis untuk editing dan membuat gambar vector. CorelDraw bisa digunakan untuk membuat Logo, karakter animasi vector, Brosur, desain kalender, Poster, desain packaging, dll.

Kategori dalam Tools Design
Jadi secara umum kategori dalam desain ini dibagi menjadi 2 kategori. Yaitu desain vector dan desain raster (bitmap). Agar lebih jelas kita bahas ke 2 kategori tersebut.

Vektor?
Yaitu gambar dengan format file grafis yang terdiri dari titik (point), garis (line), dan bentuk (shape). Jadi maksud dari gambar vector yaitu dmana pada gambar teridiri dari setiap titik (node) dmana titik tersebut saling berhubungan. Selain itu titik tersebut bisa di edit sperti ditambahkan titiknya, dikurangi, ataupun dipindahkan sesuai keinginan. Gambar vector tidak akan terpecah ketika kita zoom, gambar akan tetap terjaga kualitasnya. Berikut contoh gambar vector dibawah ini.


 

Raster/Pixel (Bitmap)?
Yaitu gambar yang terdiri dari kumpulan pixel atau titik warna. Ukuran gambar dapat dapat diperkecil tanpa mengurangi kualitas gambar. Namun gambar bitmap akan menurun kualitasnya jika ukurannya meningkat melebihi ukuran aslinya. Gambar bitmap akan terlihat buram jika kita zoom/perbesar.Berikut contoh gambar bitmap dibawah ini.



Sekian dulu artikel tentang desain grafis ini, semoga informasi yang saya berikan ini sangat bisa bermanfaat untuk anda yang ingin belajar desain grafis sebagai pemula.

Kedepannya kita akan bahas terus materi belajar desain grafis untuk pemula. Selamat menyimak terus ilmuwebsite.com.

Terimakasih.

Yanyan Irawan
Ilmuwebsite Staff
Terbatas! hanya sampai 30 September 2018. Paket Lengkap Lengkap Belajar Desain Grafis dan Multimedia Animasi Tipe Flat Animation.

Hanya Rp 100.000 (Total 3 DVD). Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

yanyan irawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==