Facebook Ilmuwebsite

Explorasi Typograph : Komponen Pokok Dalam Desain Grafis

Hello .. Salam hangat saya sampaikan pada hari yang penuh berkah ini, amin. Setelah beberapa waktu kemarin saya telah membahas beberapa komponen desain grafis, pada kesempatan kali ini saya akan masih membahas komponen pokok di dalam desain grafis, komponen yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai text atau lebih sering disebut Typography.

Apa itu typograhy ? Apa saja jenisnya ? bagaimana penggunaannya akan kita bahas dalam pembahasan kali ini. Penasaran ? Check this out..

Typography

Beberapa pendapat mengatakan bahwa typography merupakan sebuah seni memilih dan menata huruf (teks) pada sebuah space ataupun ruang sehingga akan muncul kesan khusus ketika orang yang melihat membacanya. Sama halnya seperti gambar, typography pun memiliki dua jenis berbeda yakni manual dan digital (komputer).

Pemilihan jenis huruf di dalam sebuah desain juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Font atau jenis huruf yang anda pilih dalam desain juga akan memunculkan kesan yang berbeda untuk yang melihatnya.

Jenis Font

Anda bisa menemukan ratusan atau bahkan ribuan tipe font di dalam sebuah komputer. namun pada dasarnya, semua tipe font yang ada sekarang bisa dikelompokan menjadi 5 bagian saja. 

Sans Serif


Merupakan font yang tidak memiliki kait pada tiap tiap hurufnya, font ini hanya memiliki tangkai beserta batangnya saja. Anda bisa menemukan banyak font semacam ini di komputer anda.
Serif

Tidak seperti sans serif, huruf serif memiliki kait pada tiap tiap ujungnya.

Script


Sedikit berbeda dengan serif dan san serif,  setiap huruf dengan jenis script memiliki kait seperti halnya tulisan tangan.

Dekoratif


Jenis font yang satu ini merupakan jenis font yang memiliki detail pada tiap tiap hurufnya, hurufnya pun terkesan rumit sehingga jenis font yang satu ini cocok untuk pembuatan desain yang penuh dengan dekorasi

Monospace


Monospace sebenarnya tidak jauh berbeda dengan serif ataupun san serif, hanya font dengan jenis monospace ini memiliki jarak yang sama antar hurufnya.

Dengan mengetahui lebih dalam mengenai typography anda akan bisa lebih memilih tipe font yang sesuai untuk desain anda, sehingga desain anda akan sesuai dengan tema yang ingin anda sampaikan, demikian dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana


Posting Komentar

0 Komentar