Facebook Ilmuwebsite

7 Web Keren Penjawab "Ini Font-nya Apa Sih?!"

Seringkali pertanyaan semacam ini muncul, "Ini Font-nya Apa Sih?! Kok nggak kedetek di CorelDraw Gweh / photoshop Gweh / di isi kepala gw ... hihihi"

Tapi memang masalah seperti ini yang paling sering ditemui para designer, atau siapapun yang berhubungan dengan pekerjaan design-mendesign. Sudah capek-capek mendesign, pas begitu mau di cetak, atau di convert ke JPG / PNG / etc menggunakan PC / Laptop lain, muncul peringatan, "mohon maaf fontnya tidak terdeteksi", jreng jreng!

Beberapa orang yang menghormati desainernya biasanya langsung bertanya "ini fontnya apa?", Ada yang saking kreatifnya karena background pekerjaan sebelumnya adalah desainer surat undangan langsung otomatis mengganti fontnya dengan "Monotype Corsiva", sedangkan yang pernah bekerja di administrasi sekolah tangannya cekatan mengganti font yang tidak terdeteksi itu dengan "Courier New" .

Yang luar biasanya ketika desainer yang backgrondnya militer dengan tegas langsung menggantinya dengan "IMPACT SAJALAH KOMANDAN!!".  Yang parahnya jika ia seorang yang pernah bekerja menjadi TKW di arab saudi, menggantinya dengan "Arabic Caligraphic Font" hahaha... Apa jadinya desain nanti? matilah sudah!

Dari hal seperti inilah penulis coba berikan solusi, 7 Webtools keren yang mampu menjawab solusi tersebut. Apa saja itu? Simak selengkapnya ...

WhatTheFont

WhatTheFont didevelop oleh seorang founder dari satu penyedia font terbesar di Jagad Maya. WhatTheFont bisa dibilang salah satu webtools yang bisa Anda gunakan untuk mengidentifikasi font yang ingin Anda cari, cara penggunaannya cukup mudah, cukup upload saja gambar jpg yang didalamnya ada teks menggunakan font tersebut.



Anda bisa memotong dari salah satu desain yang ingin Anda cari fontnya. Dan system secara otomatis akan mendeteksi dan mencari font yang cocok untuk Anda. Mudah sekali bukan? Jika tidak terdeteksi maka Anda bisa datang ke font forumnya untuk mencari solusi dan orang-orang yang berada didalamnya akan merekomendasikan font sejenis yang mirip untuk Anda. Selengkapnya kunjungi http://www.whatthefont.com/

IDENTIFONT

Identifont cara kerjanya berbeda dengan WhatTheFont, identifont bekerja dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan perihal font yang Anda cari. Ini sangat cocok jika Anda tidak memiliki image yang anda akan cari. Saya tidak pernah merekomendasikan Anda mencari jawaban atas pertanyaan "Fontnya apa ini" menggunakan fasilitas ini.



Tapi mungkin Anda bisa mencarinya sendiri di direktori font milik Identifont, ada lebih dari 534 publisher dan 143 fendor, ada ribuan jenis font yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma di sini. Selengkapnya kunjungi http://www.identifont.com/

MESSAGE BOARDS: TYPOPHILE

Ini adalah salah satu komunitas terbesar yang berisi orang-orang yang expert di bidang per-font-an. Anda akan mendapatkan jawaban secara langsung hanya dengan memposting gambar font yang ingin Anda cari. Hal ini disupport orang-orang di dalamnya. Dahsyat sekali banyak orang hebat yang sudah mencoba berbagai jenis font dan betul-betul menghafalkannya. Dan usia komunitas ini sudah 15 tahun. Mengerikan mengharukan menganggumkan... AWESOME :) http://typophile.com/

BOWFIN PRINTWORKS

Website ini memiliki banyak sekali informasi yang menolong Anda dalam menemukan jawaban dari font yang sedang Anad cari, cara kerjanya mirip dengan identifont namun lebih cepat dan semuanya berada di satu halaman. Owner website akan menjawab pertanyaan Anda secara cepat dan mengirimnya via email, gratis! Selengkapnya http://www.bowfinprintworks.com

TYPENAVIGATOR

Tools ini didevelop oleh fontshop, yang mana cara kerjanya dengan Bowfint system, Anda bertanya apa jenis fontnya tiap karakternya. Namun dijawab secara otomatis oleh system.
http://www.typenavigator.com/

FLICKR TYPEFACE IDENTIFICATION

flickr memiliki group yang didedikasikan untuk mencari jenis fontnya apa sih, dimana dalam group menampilkan font-font yang telah dicari dan ditemukan jawabannya.
http://www.flickr.com/groups/fonts-in-use/

LISTS OF FONTS

Terkadang atau mungkin seringnya memang dalam mencari jawaban "font apa sih ini?" cukup dengan mencari fontnya dalam daftar/direktori font. Banyak sekali direktori font, dan bergelimangan. Silahkan dicari saja di google dengan kata kunci "Font Directory"

Selamat bereksplorasi. Semoga bermanfaat. Salam.


Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder Kaffah.biz
Founder ICC



Posting Komentar

2 Komentar