Lagi lagi kembali lagi dengan saya Suhendar Daenuri.
Setelah sebelumnya kita telah belajar bagaimana membuat Gear Motor dalam bentuk 2D. Maka di tutorial autocad kali ini kita akan melanjutkan kembali belajar membuat Gear motor namun dalam bentuk 3D-nya. Oh iya, jika Anda bingung dengan tutorial ini, maka perlu mempelajari dasar-dasarnya yang sudah disediakan di link ini http://desain.ilmuwebsite.com/search/label/AutoCad. Silahkan di pelajari dulu.
Pendek kata, singkat cerita kita akan langsung masuk ke dalam pokok pembahasannya... Mari silahkan di simak
Step 1
Buatlah gambar seperti dibawah ini. dengan menggunakan software AutoCAD.
Jika masih bingung, silahkan disimak tutorial sebelumnya Tutorial Membuat Gir Motor Bagian Ke-1 (2 Dimensi)
Step 2
Stelah gambar selesai. Rubahlah tampilan Workspace 2 Dimensi anda menjadi Workspace 3D Modelling. panelnya ada dipojok kanan bawah. Workspace switching.
setelah workspace kita rubah, tampilan panel-panelnya pun menjadi 3D.
Step 3
Merubah View Style kita biarkan saja 2D Wirefrime, sedangkan 3D Navigation kita rubah menjadi SW Isometrik.
Setelah View kita rubah menjadi SW Isometrik, maka posisi gambar menjadi seperti dibawah ini.
Jika grigi masih berbentuk Array, maka seleksi bagian griginya lalu ketikan X pada Commandline, tekan spasi. maka objek sudah terpisah. dimana yang dimaksud dengan X itu adalah Explode.
Jika sudah di Explode maka objek akan terpisah dan bukan Array Lagi.
Step 4
Extrude, sebelum objeknya kita extrude, jenis objek harus polyline. untuk merubahnya menjadi polyline.
Ketikang REG pada commandline, seleksi semua objek, setelah itu tekan spasi.
Seleksi bagian paling luar / grigi gir, ketikan EXT pada commandline, arahkan ke atas dan beri jarak dengan cara mengetikan 50. setelah itu tekan spasi.
setelah kita extrude hasilnya seperti dibawah ini.
Step 5
Extrude kedua lingkaran dengan jarak 20.
seleksi kedua objek lingkaran.
Ketikan EXT pada commandline, arahkan ke atas, ketikan 20 lalu tekan spasi.
setelah beres, maka hasilnya seperti dibawah ini.
Step 6
Substrack yang baru saja kita extrude
Ketikan SU pada commandline, Klik lingkaran No. 1 tekan spasi, Klik lingkaran No. 2 tekan spasi.
Step 7
Rubah View SW Isometrik menjadi Left maka posisi gambar menjadi seperti.
Seleksi gambay yang dibawah, lalu kita mirror berdasarkan midpoin vertikal dari objek.
Jika kita zoom setelah di Mirror hasilnya seperti dibawah ini.
Step 8
Kembalikan View ke SW Isometrik, lalu kita Substrack
Ketikan SU pada commandline, klik objek No. 1 spasi, Klik Objek No. 2, Klik Objek No. 3 lalu tekan Spasi.
Step 9
Extrude objek yang berada didalam lingkaran, seleksi semua objek yang berada dalam lingkaran.
Ketikan EXT pada commandline, tekan spasi, geser kursor ke sumbu z atau ke atas, ketikan 100. tekan spasi. dan hasilnya.
Step 10
Substrack
Ketikan SU pada commandline, tekan Spasi, Klik Objek No. 1, tekan sapasi klik objek No. 2 sampai dengan nomor 8.
setelah terseleksi tinggal tekan spasi. maka setelah spasi kita tekan hasilnya.
Step 11
Rubahlah Visual style menjadi Realistic
dan hasil akhirnya seperti dibawah ini.
untuk memperhalus gambar dan supaya terlihat menjadi realistik, silahkan berikan material dan pencahayaan.
Semoga Bermanfaat. :)
Suhendar Daenuri
1 Komentar
SANGAT BERMANFAAT SEKALI PAK/BU
BalasHapus