Facebook Ilmuwebsite

Tutorial After Effects : Animasi Text dengan Effect Twist

Salam. Gimana kabar Pembaca sekalian? Semoga sehat selalu yaa ... Kita akan belajar after effects lebih mendalam lagi.

Baiklah semuanya, sekarang saya akan kembali shring artikel mengenai After Effect, yakni Effect Twist pada sebuah Animasi Text. Kalo kemarin saya sudah menshare mengenai Effect Multiple Stroke Pada Animasi Text, kali ini awal step-step pembuatannya hampir sama dengan si Multiple Stroke tadi, hanya pada proses pemilihan effectnya, kita pilih Twist bukan Stroke lagi.

Sudah penasaran mau tau gimana step pembuatannya?? Langsung aja cek TKP nya yuuuk...

Tapi sebelumnya kita lihat dulu ya, video hasil akhir dari tutorial After Effect kali ini ...

1. Buatlah sebuah komposisi baru. Composition > New Composition. Disini saya hanya membuat durasinya menjadi 5 detik saja, durasinya pun tergantung dari berapa lama animasi yang akan Pembaca buat nantinya :)





2. Tuliskan sebuah kata yang ingin Pembaca animasikan kali ini. Disini saya memakain font Harrington. Setelah itu berikan warna yang Anda inginkan.



3. Setelah itu, aktifkan layer teks tersebut. Pergi ke Layers > Create Shapes from Text untuk mengubah teks tersebut menjadi sebuah Shape.



Pembaca bisa melihat bahwa After Effects ini menjaga dan menyembunyikan layer teks asli tersebut dan membuat sebuah layer Shape dengan nama teks yang Pembaca buat tadi.



4. Pada layer shape-nya, jika Anda buka terdapat folder Contents. Folder tersebut berisikan layer per-huruf dari kata yang Pembaca buat barusan.



5. Kemudian klik Add yang ada di samping Contents. Pilih 'Group (empty)'. Ini berfungsi untuk menjadikan layer per-huruf tadi dijadikan dalam satu folder.



6. Seleksi setiap hurufnya kemudian drag dan arahkan ke dalam group yang barusan di buat. Rename folder tersebut dengan nama yang Anda inginkan.

  

7. Seleksi folder Contents. Klik Add-nya lagi. Kemudian pilih Twist. Lihat seperti gambar dibawah ini.



8.  Kemudian setting Angle dari Twist-nya. Lihat pada gambar di bawah ini.

  
 
Kemudian terlihat hasil settingan Angle dari Twist-nya seperti ini: 




9. Setelah di setting Angle Twist-nya, Pembaca bisa menganimasikannya sesuai dengan imajinasi. Bisa juga di tambahkan dengan effect-effect tertentu, contohnya seperti Drop Shadow, Blur dan semacamnya. Disini saya menambahkan effect Fast Blur dan Light Saber Glow pada Layer 'Shape' Outlines-nya.

Bagaimana, cukup mudah cara pembuatannya bukan? Kalo gitu sampe ketemu lagi di artikel saya yang selanjutnya yaa. Don't miss it para pemirsaah!! 

Selamat mencoba daan.... Semoga tidak pusing juga dalam proses pembuatannya yak! :D


Aulia Nur Hasan




Posting Komentar

2 Komentar