Facebook Ilmuwebsite

Tutorial Photoshop Membuat Effect ROL Buatan

Bias cahaya matahari, atau dikenal Ray Of Light (ROL) dalam dunia fotografi merupakan momen menarik untuk diabadikan dan dijadikan materi seni fotografi. Namun mendapatkan bias cahaya matahari bukanlah hal mudah, selain waktu, tempat dan kondisi udara juga kerap mejadi syarat munculnya bias matahari sehingga bisa direkam oleh kamera. Namun, dengan sedikit sentuhan photoshop, kita bisa mendapatkan bias matahari dengan mudah. Tentu saja, ada syarat bagaimana foto bisa diselaraskan dengan bias matahari, berikut tips foto editing membuat bias matahari buatan atau Ray Of Light (ROL).

1. Sebaiknya objek foto diambil dengan kondisi matahari masih berada diantara pukul 06.00 sd 09.00 sehingga ada gradasi sinar yang tidak merata, foto model misalnnya, bagian tubuh yang berada pada arah datangnya cahaya akan lebih terang dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Seperti contoh dibawah ini.



2. Buka file foto yang akan ada olah dengan ketentuan diatas. Langkah selanjutnya anda bisa duplicate layers objek utama tersebut.



3.  Selanjutnya pilih layers copy tadi kemudian anda bisa memilih menu Image --> adjusment --> Treshold,



4. Setting treshold di angka 100



5. Pilihlah mode layers menjadi screen.


Pastikan hasilnya seperti dibawah ini.



6. Langkah selanjutnya silahkan anda pilih menu Filter --> Blur --> Radial Blur



7. Silahkan setting metering radial blur seperti contoh di bawah ini.




8. Anda mendapatkan Ray Of Light anda, tinggal anda rapihkan saja dengan menggunakan erase pada layers Copy tadi.



Berikut adalah hasil yang saya buat dengan menambahkan sedikit efek HDR ditambah Burn dan Dodge, nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya.


Baiklah, selamat mencoba ROL-nya. Tapi tetap saja bagi seorang fotografer, ROL yang asli lebih manis dan nikmat dibanding dengan ROL Photoshop. :)

Posting Komentar

2 Komentar